Sabtu, 21/09/2024 - 08:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Sekjen Hizbullah ke Pasukan Israel: Selamat Datang, Kami Menanti! Berapa Kekuatan IDF Masuk Lebanon? New

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

Nasrallah mencatat bahwa dukungan perlawanan yang berkelanjutan terhadap Gaza, ditambah dengan moral yang tinggi dari para anggotanya, menunjukkan bahwa Israel telah gagal mencapai tujuannya untuk melemahkan dan melelahkan kelompok tersebut melalui pemboman skala besar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

 Ia menyatakan bahwa serangan tersebut tidak memengaruhi kesiapan operasional Hizbullah, yang tetap tinggi untuk mengantisipasi aksi militer lebih lanjut.

Ia juga menanggapi tujuan pemerintah Israel untuk mengembalikan penduduk utara ke rumah mereka, tujuan baru yang ditambahkan ke tiga tujuan perang yang awalnya dideklarasikan pada awal konflik di Gaza. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

‘Tantangan Besar’

Berbicara kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Nasrallah menegaskan, “Anda tidak akan dapat membawa penduduk utara kembali ke wilayah utara. Ini adalah tantangan besar antara kami dan Anda.”

Ia menekankan bahwa satu-satunya cara bagi para pemukim untuk kembali adalah jika Israel menghentikan agresinya terhadap Gaza dan Tepi Barat.

Nasrallah memperingatkan bahwa eskalasi apa pun hanya akan memperburuk situasi dan membuat penduduk yang mengungsi tidak mungkin kembali. 

Nasrallah mengatakan bahwa invasi Israel ke wilayah Lebanon bukanlah ancaman, melainkan “kesempatan bersejarah” bagi Hizbullah, yang akan memiliki implikasi signifikan.

“Sabuk pengaman akan berubah menjadi neraka bagi pasukan kalian jika kalian memutuskan untuk datang ke tanah kami. Kalian akan menghadapi ratusan orang yang terluka pada hari Selasa dan Rabu, karena mereka semakin bertekad,” katanya.

Berita Lainnya:
Potret Raja Malaysia terima kunjungan Prabowo di Istana Negara Kuala Lumpur, Bahas Apa?

Nasrallah juga mengancam Israel dengan hukuman berat sebagai tanggapan atas serangan yang didalangi oleh “kepemimpinan musuh yang bodoh, narsis, dan sembrono” yang “akan membawa entitas (Israel) ini ke jurang.”

“Tidak diragukan lagi bahwa agresi yang terjadi sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya, dan akan dibalas dengan pembalasan yang berat dan hukuman yang adil, entah mereka menduganya atau tidak,” pemimpin Hizbullah memperingatkan.

Gambaran Kekuatan IDF

Apa yang diserukan Hasan Nasrallah tersebut dianggap sebagai deklarasi perang.

Terlebih, Israel juga sudah menyiapkan pasukan besar untuk menyerbu masuk Lebanon. Israel bahkan memindahkan sejumlah besar pasukan dari Gaza dan Tepi Barat untuk dimobilisasi ke perbatasan Utara dengan Lebanon.

Saluran penyiaran publik Israel,  Kan menggambarkan hal ini dengan menyatakan, “Tel Aviv menghadapi hari-hari dramatis di front utara dengan Lebanon.”

Lalu, jika perang besar di depan mata, seberapa besar kekuatan IDF?

Dilansir Al Jazeera, inilah yang perlu Anda ketahui tentang militer Israel dan bagaimana pendanaannya.

Sekilas tentang militer Israel

Israel mengoperasikan peralatan militer yang sangat besar.

Menurut International Institute for Strategic Studies (IISS) Military Balance 2023, Israel memiliki 169.500 personel militer aktif di angkatan darat, angkatan laut, dan paramiliter.

Berita Lainnya:
Israel Tawarkan Yahya Sinwar Pelarian Aman dari Gaza dengan Imbalan Sandera

Sebanyak 465.000 personel merupakan pasukan cadangan, sementara 8.000 merupakan bagian dari paramiliternya.

Dinas militer wajib bagi warga negara yang berusia di atas 18 tahun – setelah terdaftar, pria diharapkan bertugas selama 32 bulan dan wanita selama 24 bulan.

Israel memiliki salah satu militer terkuat di Timur Tengah dengan pengawasan dan persenjataan canggih.

Berikut persenjataan militernya yang lengkap:

Personel

169.500 personel militer aktif

465.000 pasukan cadangan

Kekuatan darat

2.200+ tank

530 artileri (SP, Ditarik, MRL, MOR)

Kekuatan Udara

339 pesawat tempur termasuk 309 jet tempur serang darat196 jet F-16

83 jet F-15

30 jet F-35

142 helikopter43 helikopter serang Apache

Kekuatan angkatan laut

5 kapal selam

49 patroli dan pejuang pesisir

Sistem Iron Dome Israel adalah sistem pertahanan udara bergerak yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek menggunakan teknologi radar. Sistem ini dikembangkan pada tahun 2006, setelah perang dengan Hizbullah, di mana ribuan roket diluncurkan ke Israel.

Mulai beroperasi pada tahun 2011, Iron Dome dibuat dengan bantuan AS yang bertanggung jawab dalam memasok suku cadang untuk sistem tersebut termasuk menyisihkan lebih dari $1,5 miliar untuk pertahanan rudal bagi Israel pada tahun 2022.

1 2 3 4

Reaksi & Komentar

وَعُرِضُوا عَلَىٰ رَبِّكَ صَفًّا لَّقَدْ جِئْتُمُونَا كَمَا خَلَقْنَاكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ ۚ بَلْ زَعَمْتُمْ أَلَّن نَّجْعَلَ لَكُم مَّوْعِدًا الكهف [48] Listen
And they will be presented before your Lord in rows, [and He will say], "You have certainly come to Us just as We created you the first time. But you claimed that We would never make for you an appointment." Al-Kahf ( The Cave ) [48] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi