Sabtu, 21/09/2024 - 10:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Sekjen Hizbullah ke Pasukan Israel: Selamat Datang, Kami Menanti! Berapa Kekuatan IDF Masuk Lebanon? New

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

Menurut IISS, sistem Iron Dome Israel mencegat lebih dari 90 persen roket yang ditembakkan dari Hamas dan kelompok Palestina lainnya pada tahun 2021.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Israel juga diyakini memiliki kemampuan nuklir, menurut IISS, yang menyatakan bahwa negara tersebut memiliki rudal dan pesawat Jericho yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

Berapa banyak dana yang dihabiskan Israel untuk militernya?

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Pada tahun 2022, Israel menghabiskan $23,4 miliar untuk militernya, menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), sebuah lembaga penelitian yang berfokus pada konflik dan persenjataan.

Jumlahnya mencapai $2.535 per kapita selama periode 2018-2022, menjadikannya negara dengan pengeluaran militer per kapita terbesar kedua di dunia setelah Qatar.

Pada tahun 2022, Israel mengalokasikan 4,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) untuk militer, persentase tertinggi ke-10 di dunia.

Negara mana yang paling banyak membeli senjata Israel?

Secara historis, impor senjata Israel jauh lebih besar daripada ekspornya. Namun, selama dekade terakhir, ekspor mulai secara konsisten melampaui impor, data SIPRI menunjukkan.

Antara tahun 2018 dan 2022, setidaknya 35 negara mengimpor senjata dari Israel dengan total $3,2 miliar.

Dari jumlah tersebut, sekitar sepertiga ($1,2 miliar) ekspor militer Israel ditujukan ke India. Hubungan antara Israel dan India telah berkembang pesat sejak Perdana Menteri India Narendra berkuasa pada tahun 2014.

Berita Lainnya:
Rusia: Gaza Masalah Terbesar Internasional

Pembeli senjata Israel terbesar kedua adalah Azerbaijan ($295 juta), diikuti oleh Filipina ($275 juta), AS ($217 juta), dan Vietnam ($180 juta).

Dalam periode 2018-2022, Israel mengimpor senjata senilai total $2,7 miliar hanya dari dua negara, AS dan Jerman.

Lebih dari tiga perempat impor militer Israel yang berjumlah $2,1 miliar berasal dari AS sementara sisanya $546 juta berasal dari Jerman.

Militer AS dan Israel bekerja sama erat dengan latihan bersama, program pengembangan teknologi, dan proyek pertahanan, dengan Israel menjadi penerima bantuan militer AS terbesar.

Berapa banyak bantuan militer yang diterima Israel dari AS?

Israel adalah penerima bantuan luar negeri AS yang paling signifikan, yang menerima sekitar $263 miliar antara tahun 1946 dan 2023.

Jumlah ini hampir dua kali lipat (1,7 kali lebih banyak) dibandingkan penerima bantuan luar negeri AS tertinggi kedua, Mesir, yang menerima $151,9 miliar dalam 77 tahun terakhir.

Israel telah lama dipandang oleh legislator AS sebagai sekutu untuk membantu melindungi kepentingan strategis AS di Timur Tengah.

Menurut US Congressional Research Service, faktor-faktor yang menyebabkan berlanjutnya dukungan militer terhadap Israel meliputi kepentingan strategis bersama, “dukungan domestik AS terhadap Israel” dan “komitmen bersama terhadap nilai-nilai demokrasi”.

Berita Lainnya:
Iran Bantah Sediakan Rudal Hipersonik untuk Houthi

Pendanaan militer AS untuk Israel mencapai $3,8 miliar pada tahun 2023, sebagai bagian dari kesepakatan rekor $38 miliar selama 10 tahun yang ditandatangani di bawah mantan Presiden AS Barack Obama pada tahun 2016.

Antara tahun 1946 dan 2023, AS telah mendukung Israel dengan total $124 miliar dalam bentuk bantuan militer dan pertahanan.

Dari bantuan militer senilai $3,8 miliar yang diberikan kepada Israel tahun ini, setengah miliar di antaranya untuk pertahanan rudal Israel. Washington telah menyatakan bahwa mereka akan mengisi kembali amunisi Israel yang digunakan melawan Hamas dalam perang terakhir.

Beberapa jam setelah serangan mematikan Hamas di dalam Israel, Hamas meminta pencegat Iron Dome dari AS, dengan Presiden Joe Biden menyatakan bahwa Washington “akan segera menyediakan Pasukan Pertahanan Israel dengan peralatan dan sumber daya tambahan, termasuk amunisi”, yang dijadwalkan tiba dalam beberapa hari.

Pemerintahan Biden diperkirakan akan menyisihkan lebih banyak uang untuk Tel Aviv melalui permintaan pendanaan kepada Kongres. Namun, dengan tidak adanya ketua DPR, mungkin akan terjadi penundaan dalam otorisasi kongres untuk bantuan tersebut.

AS memberlakukan persyaratan tentang bagaimana bantuan, khususnya bantuan militer, dapat digunakan. Undang-Undang Leahy melarang ekspor peralatan pertahanan AS ke unit militer yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia.

1 2 3 4

Reaksi & Komentar

قُل لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَن تَنفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا الكهف [109] Listen
Say, "If the sea were ink for [writing] the words of my Lord, the sea would be exhausted before the words of my Lord were exhausted, even if We brought the like of it as a supplement." Al-Kahf ( The Cave ) [109] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi