Senin, 23/09/2024 - 06:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

CEO BAC Consulting Menghilang Setelah Ledakan Pager Lebanon, Punya Gelar Doktor Fisika

BANDA ACEH – Cristiana Barsony-Arcidiacono, 49, CEO dan pemilik BAC Consulting berkebangsaan Italia-Hongaria dan berkantor pusat di Hungaria, membantah telah membuat pager yang meledak dan menewaskan 12 orang serta melukai lebih dari 2.000 orang di Lebanon minggu ini.Setelah perusahaannya diketahui telah melisensikan desain pager dari produsen Taiwan, Gold Apollo, Barsony-Arcidiacono mengatakan kepada NBC News bahwa ia tidak membuatnya. “Saya hanya perantara. Saya pikir Anda salah,” katanya sebagaimana dikutp Reuters, Sabtu, 21 September 2024.

Sejak itu, ia tidak muncul di depan publik. Tetangga mengatakan mereka tidak melihatnya. Ia tidak menanggapi pesan Reuters yang meminta komentar. Apartemennya di sebuah bangunan tua megah di Budapest, telah ditutup. Siapakah Cristiana Barsony-Arcidiacono?

Hasil penelusuran Reuters dari diskusi dengan kenalan dan mantan rekan kerja menggambarkannya sebagai seorang wanita dengan kecerdasan yang mengagumkan, tetapi kariernya berpindah-pindah dalam serangkaian pekerjaan jangka pendek yang tidak pernah benar-benar ia tekuni, meskipun ia terus memperindah CV-nya.

Seorang kenalannya, yang seperti orang lain yang mengenalnya secara sosial di Budapest meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa ia tampak seperti seseorang yang “dapat dengan mudah dimanfaatkan”.

“Berkehendak baik, bukan tipe pebisnis, lebih seperti seseorang yang sering mencoba sesuatu yang baru, yang cepat percaya pada sesuatu dan kemudian menjadi antusias tentang hal itu,” kata orang tersebut, seraya menambahkan bahwa Barsony-Arcidiacono telah mencari penghasilan karena ia ingin meninggalkan pekerjaan lain.

Kilian Kleinschmidt, seorang veteran mantan administrator kemanusiaan PBB yang mempekerjakan Barsony-Arcidiacono pada tahun 2019 untuk menjalankan program enam bulan yang didanai Belanda guna melatih warga Libya di Tunisia dalam mata pelajaran seperti hidroponik, TI, dan pengembangan bisnis, menggambarkannya sebagai manajer yang “menindas”, dan mengatakan bahwa ia memecatnya sebelum kontraknya berakhir.

“Cristiana. Itu adalah salah satu kesalahan terbesar dalam hidup saya, menurut saya,” kata Kleinschmidt kepada Reuters. “Itu benar-benar mengerikan secara pribadi… Kemudian pada suatu saat saya berkata sudah cukup. Saya mungkin seharusnya melakukannya lebih cepat. Saya berkata sudah cukup dan saya menyuruhnya pulang sebulan lebih awal.”

Barsony-Arcidiacono belum menanggapi panggilan dan email Reuters dan tidak ada jawaban ketika Reuters mengunjungi alamat pribadinya di pusat kota Budapest.

Di rumahnya di Budapest, gerbang luar baja menutupi ruang depan kecil tempat gambar-gambar telanjang yang dibuat sketsa dengan pastel merah dan oranye ditempel di dinding. Pintu bagian dalam yang mengarah ke apartemennya terbuka sedikit ketika Reuters pertama kali mengunjungi gedung tersebut pada hari Rabu, dan ditutup ketika reporter kembali pada hari Kamis. Tidak ada yang menjawab bel.

Seorang wanita yang telah tinggal di gedung tersebut selama dua tahun terakhir mengatakan bahwa Barsony-Arcidiacono sudah menjadi penghuni saat ia pindah, dan menggambarkannya sebagai orang yang baik, tidak berisik, tetapi komunikatif.

Ia berlatih menggambar sebagai bagian dari klub seni Budapest, meskipun ia tidak pernah bergabung selama beberapa tahun, kata penyelenggara kelompok tersebut, yang mengatakan bahwa ia tampak lebih seperti seorang pebisnis daripada seniman tetapi ia ceria dan mudah bergaul.

Seorang teman sekolah Barsony-Arcidiacono mengatakan bahwa ia tumbuh dalam keluarga dengan ayah pekerja dan ibunya seorang ibu rumah tangga di Santa Venerina, dekat Catania di Sisilia timur, dan bersekolah di sekolah menengah di dekatnya. Ia menggambarkannya sebagai anak muda yang cukup pendiam.

Pada awal tahun 2000-an, ia meraih gelar doktor dalam bidang fisika di University College London, tempat disertasinya tentang positron – partikel subatomik dengan massa elektron dan muatan positif. Namun, ia tampaknya telah keluar tanpa mengejar karier ilmiah.

“Sejauh yang saya tahu, dia tidak pernah melakukan pekerjaan ilmiah lagi sejak saat itu,” kata Akos Torok, seorang fisikawan pensiunan yang merupakan salah satu profesornya di UCL dan menerbitkan makalah bersamanya saat itu, kepada Reuters melalui email.

1 2

Reaksi & Komentar

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوا أَنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَأَنَّ السَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَا إِذْ يَتَنَازَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا ابْنُوا عَلَيْهِم بُنْيَانًا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ الَّذِينَ غَلَبُوا عَلَىٰ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًا الكهف [21] Listen
And similarly, We caused them to be found that they [who found them] would know that the promise of Allah is truth and that of the Hour there is no doubt. [That was] when they disputed among themselves about their affair and [then] said, "Construct over them a structure. Their Lord is most knowing about them." Said those who prevailed in the matter, "We will surely take [for ourselves] over them a masjid." Al-Kahf ( The Cave ) [21] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi