Minggu, 22/09/2024 - 06:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Keluh Kesah KNVB Lihat Timnas Indonesia Terus Bajak Pemain Naturalisasi asal Belanda, Terang-terangan Sampai Bilang… New

BANDA ACEH – Ada banyak cara yang coba dilakukan oleh PSSI untuk bisa membuat performa Timnas Indonesia terus meningkat dan semakin berprestasi, salah satunya dengan melakukan naturalisasi.PSSI memang sudah sejak lama mulai menaturalisasi sejumlah pemain untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Program ini bermula pada tahun 2010 silam saat Cristian Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim memutuskan untuk mengganti kewarganegaraan mereka menjadi WNI.

Hingga kini, sejumlah pemain naturalisasi pun secara silih berganti menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sempat diperkuat sejumlah nama pemain keturunan seperti Raphael Maitimo, Sergio Van Dijk, Ezra Walian, Marc Klok, hingga Stefano Lilipaly.

Tapi kini, PSSI dan juga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak mau asal-asalan menaturalisasi pemain.

Kini sejumlah talenta muda berbakat yang memiliki darah keturunan Indonesia seperti Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner dan Rafael Struick menghiasi skuad Garuda.

Tak hanya itu pemain-pemain berpengalaman seperti Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Calvin Verdonk, hingga Sandy Walsh pun menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia saat ini.

Bahkan kini PSSI terus berusaha menambah amunisi pemain naturalisasi dimana kini tengah memproses dua pemain keturunan baru yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk segera menjadi WNI.

Terkait banyaknya pemain naturalisasi asal Belanda, Federasi sepak bola negeri kincir angin itu yakni KNVB ternyata pernah buka suara.

Pada acara Oranje Indonesia Festival pada bulan September tahun 2022 lalu, Sekretaris Jenderal KNVB, Gijs de Jong, pun menyampaikan tanggapannya terkait hal tersebut. 

Meski dirinya tidak mempermasalahkan proses naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI namun De Jong berharap kalau PSSI tidak terlalu sering menaturalisasi pemain asal Belanda.

“Marc Klok salah satu contohnya, dia tadinya pemain asal Belanda sekarang memperkuat Timnas Indonesia tentu bagus tapi jangan banyak-banyak” ucap Gijs de Jong. 

“Ya tentu itu hal bagus, tapi jangan banyak-banyak,” sambungnya. 

Terlepas dari semua itu, kehadiran pemain naturalisasi di skuad Timnas Indonesia terbukti berhasil membuat skuad garuda semakin kuat

Kombinasi pemain naturalisasi dan lokal yang dilakukan Shin Tae-yong terbukti berhasil dan perlahan Timnas Indonesia kini mulai menunjukan kekuatannya di level Asia Tenggara dan juga Asia. 


Reaksi & Komentar

قَالَ لَا تُؤَاخِذْنِي بِمَا نَسِيتُ وَلَا تُرْهِقْنِي مِنْ أَمْرِي عُسْرًا الكهف [73] Listen
[Moses] said, "Do not blame me for what I forgot and do not cover me in my matter with difficulty." Al-Kahf ( The Cave ) [73] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi