Senin, 23/09/2024 - 06:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KPK Cecar Stafsus SYL Soal Perannya dalam Dugaan Korupsi Pengadaan X-Ray di Kementan New

BANDA ACEH – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa staf khusus (stafsus) mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Joice Triatman (JT) pada Jumat (20/9/2024). Penyidik mencecar dia soal perannya terkait dugaan rasuah pengadaan x-ray di Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan).Adapun JT diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini. Pemeriksaannya dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

“Saksi hadir. Penyidik mendalami pengetahuan dan peran saksi dalam pengadaan X-Ray di tahun 2021,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika dalam keterangan tertulisnya dikutip Minggu (22/9/2024).

Sebelumnya, KPK membuka penyidikan baru mengenai dugaan rasuah pengadaan x-ray di Badan Karantina, Kementerian Pertanian (Kementan) Tahun Anggran 2021. Sudah ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Namun, KPK belum memerinci identitas maupun jumlah tersangka dalam kasus ini. Diketahui, lembaga antirasuah tersebut telah menerbitkan surat perintah dimulainya penyidikan (Sprindik) sejak 12 Agustus 2024.

KPK menyebut berdasarkan penghitungan awal yang sudah dilakukan oleh auditor, kasus korupsi ini menimbulkan kerugian negara sekitar Rp82 miliar.

Seiring dengan penyidikan kasus tersebut, KPK juga telah mengajukan permohonan pada Ditjen Imigrasi Kemenkumham terkait pencegahan bepergian ke luar negeri. Ada enam orang yang dicegah, yakni berinisial WH, IP, MB, SUD, CS dan RF. Larangan bepergian ini berlaku selama enam bulan ke depan.


Reaksi & Komentar

مَّا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ وَلَا لِآبَائِهِمْ ۚ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ ۚ إِن يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا الكهف [5] Listen
They have no knowledge of it, nor had their fathers. Grave is the word that comes out of their mouths; they speak not except a lie. Al-Kahf ( The Cave ) [5] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi