Rabu, 25/09/2024 - 06:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ini Kronologi Kasus Marcellus Khaliifah Williams, Sang Imam Missouri yang akan Disuntik Mati New

Argumen tersebut berantakan bulan lalu setelah tes DNA baru mengungkapkan bahwa senjata pembunuh telah salah ditangani oleh para penyelidik, sehingga mencemari bukti yang dimaksudkan untuk membebaskan Williams.

Pengacara dari kedua belah pihak “menerima laporan yang mengindikasikan bahwa DNA pada senjata pembunuh adalah milik seorang asisten jaksa penuntut dan seorang penyelidik yang menangani senjata pembunuh tanpa sarung tangan sebelum persidangan,” menurut ringkasan kasus tersebut.

Tes DNA baru ini “meruntuhkan klaim jaksa penuntut bahwa Williams tidak bersalah dan sepenuhnya mendukung temuan pengadilan sirkuit bahwa bukti ini tidak menunjukkan adanya pelaku lain atau mengecualikan Williams sebagai pembunuh,” tulis Mahkamah Agung dalam keputusannya pada hari Senin.

Upaya untuk membalikkan nasib Williams telah mengadu jaksa penuntut setempat dengan Jaksa Agung negara bagian Missouri dari Partai Republik, Andrew Bailey, yang akan mencalonkan diri untuk terpilih kembali.

Bailey bulan lalu menolak kesepakatan dengan jaksa penuntut dan keluarga Gayle untuk membalikkan hukuman Williams dari pembunuhan tingkat pertama menjadi hukuman penjara seumur hidup, dan malah mengajukan banding ke Mahkamah Agung Missouri yang konservatif yang terdiri dari lima anggota Partai Republik dan dua anggota Partai Demokrat.

Organisasi-organisasi lain, seperti Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna (NAACP) dan Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR), bergabung dengan Amnesty untuk menyerukan agar Parson menghentikan eksekusi Williams pada hari Selasa.

“Selain itu, Pengadilan Distrik AS pada 2010 memerintahkan agar Marcellus Williams menerima sidang hukuman baru, setelah menemukan bahwa pengacara pengadilannya telah gagal menyajikan bukti yang meringankan tentang masa kecil Marcellus Williams yang penuh dengan kekerasan,” tulis Amnesty dalam sebuah surat kepada Parson.

Gayle sedang mandi pada pagi hari 11 Agustus 1998, ketika Williams diduga masuk ke dalam komunitas yang terjaga keamanannya.

Dokumen pengadilan mengatakan bahwa Gayle meninggalkan kamar mandi di lantai dua dan berjalan ke lantai bawah ketika dia bertemu dengan tersangka pembunuhnya di tangga. Suaminya, Daniel Picus, menemukan mayatnya dan menelepon 911.

Di antara barang bukti yang ditemukan adalah sidik jari dan jejak sepatu yang berlumuran darah, sarung pisau, dan rambut tersangka pembunuh yang dikumpulkan dari baju, tangan, dan lantai.

Empat terpidana mati di Missouri dalam 40 tahun terakhir telah dibebaskan dan sejak 1973, sedikitnya 200 warga negara Amerika Serikat telah terbebas dari hukuman mati, kata seorang anggota kongres Missouri mengutip Pusat Informasi Hukuman Mati.

Pada hari Jumat, Rep Cori Bush, D-Mississippi, meminta gubernur untuk membebaskan Williams “untuk kejahatan yang tidak dilakukannya,” katanya.

Menyebut hukuman mati “rasis, cacat, tidak manusiawi,” Bush, salah satu sponsor Undang-Undang Larangan Hukuman Mati Federal, mengklaim bahwa Parson dan pengadilan mengizinkan eksekusi dilaksanakan “meskipun ada bukti kredibel bahwa Williams tidak bersalah dan pengawasan massal atas keadilan persidangannya.”

Sejak keputusan untuk tidak menghentikan eksekusi dijatuhkan, Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR), organisasi advokasi dan kebebasan sipil Muslim terbesar di Amerika Serikat, mengeluarkan sebuah petisi kepada gubernur Missouri untuk memblokir eksekusi tersebut. Lebih dari 35 ribu orang telah menandatanganinya.

“Sangat tidak masuk akal untuk membiarkan eksekusi dilakukan ketika ada bukti yang kredibel bahwa dia tidak bersalah,” kata Wakil Direktur Nasional CAIR Edward Ahmed Mitchell dalam sebuah pernyataan.

“Gubernur Parson memiliki kekuatan untuk mencegah eksekusi yang salah, dan kami menyerukan kepada semua orang untuk bergabung dalam aksi mendesak ini,” tambah Mitchell. “Tidak seorang pun boleh dihukum mati ketika masih ada pertanyaan tentang kesalahannya, terutama dalam kasus yang sarat dengan bias rasial dan kegagalan sistemik.”

Eksekusi mati di Amerika Serikat pada 2023 sebagian besar terkonsentrasi di wilayah Selatan. Texas dan Florida menyumbang lebih dari setengah jumlah eksekusi mati di seluruh Amerika Serikat tahun lalu.

1 2 3

Reaksi & Komentar

فَأَرَدْنَا أَن يُبْدِلَهُمَا رَبُّهُمَا خَيْرًا مِّنْهُ زَكَاةً وَأَقْرَبَ رُحْمًا الكهف [81] Listen
So we intended that their Lord should substitute for them one better than him in purity and nearer to mercy. Al-Kahf ( The Cave ) [81] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi