Selasa, 01/10/2024 - 00:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Diganti Cucu Soekarno di DPR, Arteria Dahlan Legawa dan Tak Melawan PDIP New

BANDA ACEH – Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan memastikan tidak akan melakukan perlawanan terhadap partainya yang memberikan jatah kursi DPR RI kepada Hendra Rahtomo atau Romy Soekarno sebagai caleg PDIP terpilih dari Dapil Jawa Timur VI. Hal ini setelah Arteria menyatakan mundur dari Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029. 

Arteria menyatakan, banyak orang berharap dirinya melawan PDIP setelah adanya perlawanan Tia Rahmania di Dapil Banten I yang belakangan ramai diperbincangkan. 

 

“Saya memilih untuk mengambil jalan yang berbeda, walaupun saya tetap menghormati upaya hukum yang Tia lakukan setidaknya sebagai kritik dan otokritik bagi partai,” kata Arteria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9).

Anggota Komisi III DPR RI periode 2019-2024 itu mengaku tahu diri, sehingga dirinya tidak melakukan perlawanan. Menurutnya, kariernya di Politik telah lama dipupuk PDIP.

 

Ia mengamini, dirinya bisa duduk di parlemen karena bimbingan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, almarhum Taufiq Kiemas, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

 

“Artinya ini semua berkat budi baik keluarga besar Bung Karno, yang tidak bisa juga saya membalasnya selain dengan loyalitas atau kesetiaan. Sudah saatnya saya membalasnya,” ucap Arteria.

 

Ia mengungkapkan, pengunduran diri dari Anggota DPR RI terpilih merupakan sebuah kewajiban untuk menjaga keluarga besar Bung Karno. Ia juga menilai, tindakannya sendiri sudah tepat.

 

“Bagi saya kemuliaan sesungguhnya adalah melaksanakan dan patuh pada kebijakan beliau (Megawati), apapun perintahnya selama ini selalu saya patuhi, tanpa terkecuali,” tegas Arteria.

 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan cucu Presiden RI pertama Soekarno, Romy Soekarno sebagai caleg PDIP terpilih dari Dapil Jawa Timur VI.

 

Pergantian itu sebagaimana Keputusan KPU Nomor 1401 tahun 2024 tentang Perubahan Kelima Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1206 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR dalam Pemilu 2024.

 

Di dapil Jawa Timur VI, PDIP mendapat dua kursi. Dua Caleg PDIP yang berhasil meraih dua kursi tersebut yakni, Pulung Agustanto dan Sri Rahayu.

 

Mundurnya Sri Rahayu bakal memberi kisah manis untuk Arteria Dahlan yang mendapat suara terbesar ketiga. Namun ia memilih mundur.

 

Dengan demikian, Romy ditetapkan sebagai Anggota DPR RI terpilih PDIP menggantikan Sri Rahayu dan Arteria Dahlan, meski hanya mendapatkan 51.245 suara.


Reaksi & Komentar

مَّا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ وَلَا لِآبَائِهِمْ ۚ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ ۚ إِن يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا الكهف [5] Listen
They have no knowledge of it, nor had their fathers. Grave is the word that comes out of their mouths; they speak not except a lie. Al-Kahf ( The Cave ) [5] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi