Senin, 30/09/2024 - 23:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Orang yang Awet Muda Biasanya Menerapkan 8 Kebiasaan Kecil Ini Setiap Hari, Simak! New

BANDA ACEH – Pada umumnya, penampilan dan bentuk tubuh manusia akan berubah seiring bertambahnya usia.Namun dalam beberapa kasus, terdapat pula beberapa orang yang terlihat lebih muda daripada umur yang seharusnya.

Perlu diketahui, fenomena ‘awet muda’ tersebut bukan hanya disebabkan oleh genetika yang baik. Namun juga bergantung pada kebiasaan sehari-hari yang dilakukan.

Mereka yang memiliki wajah dan badan yang lebih muda dibanding rekan seusianya cenderung memiliki rutinitas tertentu.

Dikutip Geediting.com, berikut adalah 8 kebiasaan sederhana yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tubuh dan wajah lebih muda dibanding teman seusianya.

Memprioritaskan tidur

Sudah menjadi rahasia umum, jika tidur memainkan peran penting dalam proses penuaan tubuh.

Dengan tidur, tubuh akan memperbaiki dan meremajakan diri. Pada saat inilah sel-sel kulit akan beregenerasi dan menyeimbangkan hormon.

Bagi mereka yang memiliki wajah dan tubuh awet muda, tidur tidak hanya mengenai waktu yang cukup namun juga pada kualitasnya.

Makan makanan seimbang

Kebiasaan kecil yang kedua adalah mengatur pola makan seimbang yang penuh akan nutrisi.

Kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga membantu memperlambat proses penuaan.

Orang dengan tampilan tubuh yang terlihat lebih muda dari umurnya biasanya tidak makan berlebihan. Namun hal tersebut juga tidak berarti mereka membatasi diri akan makanan.

Berolahraga secara teratur

Tak harus melakukan olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti jalan cepat, yoga, atau olahraga santai lainnya yang membutuhkan gerakan tubuh.

Sebab dengan menggerakkan tubuh, tidak hanya membuat kita bugar, namun juga membuat kita awet muda.

Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan, orang dewasa yang berolahraga secara teratur akan memiliki telomer yang lebih panjang. Semakin panjang telomer, maka semakin muda pula sel-sel Anda.

Minum banyak air

Hal sederhana lain yang membuat Anda terlihat awet muda adalah rutin meminum lebih banyak air.

Hal tersebut karena hidrasi memiliki peran penting dalam proses penuaan secara keseluruhan.

Air yang diminum, akan membantu tubuh dalam melakukan pencernaan, membuang racun, bahkan menjaga kulit Anda agar tampak segar berseri.

Memelihara hubungan

Memelihara hubungan yang baik rupanya tak hanya bermanfaat akan kondisi mental Anda, namun juga pada pada proses penuaan yang melambat.

Penelitian menunjukkan, interaksi sosial yang baik akan menurunkan tingkat stres, meningkatkan kesehatan mental, serta memperpanjang umur.

Mereka yang menua lebih lambat dari teman seusianya, cenderung memiliki hubungan yang kuat dengan orang-orang terkasih di sekitar mereka.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Orang dengan bentuk tubuh dan wajah yang lebih muda dari umurnya biasanya memiliki kepedulian yang tinggi pada diri sendiri.

Tak harus dengan hal yang rumit, cukup dengan meditasi diri, latihan pernapasan dalam, atau sekedar duduk santai dengan secangkir teh.

Perhatian pada diri sendiri tersebut akan memberikan efek damai seperti mengurangi stres, memahami diri, serta memperlambat proses penuaan.

Membatasi paparan sinar matahari

Sudah menjadi pengetahuan umum, jika sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik untuk tubuh.

Namun sudah menjadi rahasia umum pula jika terlalu banyak terpapar sinar matahari akan menyebabkan munculnya kerutan dini dan bintik-bintik penuaan pada kulit.

Membatasi paparan sinar matahari bukan berarti menghindari sinar matahari sepenuhnya.

Namun akan lebih baik jika Anda melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan tabir surya, topi, atau berteduh di saat matahari sedang terik-teriknya.

Mempertahankan pola pikir positif

Cara paling ampuh untuk menjaga tubuh agar selalu terlihat awet muda adalah dengan menjaga pola pikir positif.

Selain baik untuk kesehatan jiwa, pola pikir positif juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan memperpanjang umur kita.

Mereka-mereka yang memiliki tubuh lebih muda daripada usianya biasanya akan memilih untuk fokus melihat sisi positif dibanding hal-hal negatif yang mereka hadapi.

1 2

Reaksi & Komentar

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَن يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ۚ ذَٰلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [82] Listen
And as for the wall, it belonged to two orphan boys in the city, and there was beneath it a treasure for them, and their father had been righteous. So your Lord intended that they reach maturity and extract their treasure, as a mercy from your Lord. And I did it not of my own accord. That is the interpretation of that about which you could not have patience." Al-Kahf ( The Cave ) [82] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi