Perbandingan Kekuatan Militer dan Pertahanan Iran dan Israel

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH –  Iran menyerang kota-kota besar Israel dengan sedikitnya 180 rudal balistik pada Selasa malam, 1 Oktober 2024. Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) mengatakan bahwa rudal-rudal tersebut ditembakkan sebagai respons Teheran terhadap pembunuhan warga sipil di Gaza dan baru-baru ini, di Lebanon, dalam serangan Israel – serta pembunuhan para pemimpin IRGC, Hamas, dan Hizbullah.IRGC mengatakan bahwa rudal-rudal tersebut secara khusus ditujukan ke tiga pangkalan militer di Tel Aviv. Media pemerintah Iran mengatakan bahwa negara itu menggunakan rudal balistik hipersonik Fatah untuk pertama kalinya, sebuah klaim yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Al Jazeera.

ADVERTISEMENTS

Menurut Global Firepower Index 2024, militer Israel dan Iran tidak terlalu jauh berbeda dalam hal kekuatan militer secara keseluruhan. Iran berada di peringkat ke-14 dalam peringkat global, diikuti oleh Israel di tempat ke-17.

ADVERTISEMENTS

Indeks ini juga menyertakan perbandingan langsung antara kedua angkatan bersenjata. Berdasarkan hal ini, Iran lebih unggul dari Israel dalam hal jumlah personel. Hal yang sama juga berlaku untuk jumlah tank dan kendaraan bersenjata. Namun, mengingat situasi geografis, ini bukanlah faktor yang paling relevan jika terjadi konflik bersenjata antara Israel dan Iran.

ADVERTISEMENTS

Negara ini dipisahkan oleh negara-negara tetangga seperti Irak dan Yordania, dan jarak antara Yerusalem dan Teheran sekitar 1.850 kilometer.

ADVERTISEMENTS

“Faktanya, konflik tidak akan berbentuk perang klasik, tetapi lebih merupakan pertukaran pukulan jarak jauh,” kata Fabian Hinz, pakar Timur Tengah di International Institute for Strategic Studies yang berbasis di London, Inggris kepada DW.

ADVERTISEMENTS

Berikut perbandingan kekuatan militer Iran dan Israel, yang dilansir Al Jazeera:

Jumlah tentara

Menurut The Military Balance 2023, yang diterbitkan oleh lembaga pemikir yang berbasis di Inggris, International Institute for Strategic Studies (IISS):

Iran memiliki 610.000 personel aktif, termasuk 350.000 tentara, 190.000 IRGC, 18.000 angkatan laut, 37.000 angkatan udara, dan 15.000 pertahanan udara. Iran juga memiliki tentara cadangan sebanyak 350.000 orang. Wajib militer adalah wajib bagi pria Iran yang berusia di atas 18 tahun, dengan beberapa pengecualian.

Israel memiliki 169.500 personel aktif, termasuk 126.000 di angkatan darat, 9.500 di angkatan laut, dan 34.000 di angkatan udara. Israel memiliki tentara cadangan sebanyak 465.000 orang. Israel mewajibkan wajib militer bagi sebagian besar pria dan wanita muda berusia di atas 18 tahun, dengan beberapa pengecualian.

Pengeluaran militer

Menurut lembar fakta yang diterbitkan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) pada April 2024:

Iran menghabiskan $10,3 miliar pada 2023, meningkat 0,6 persen dari 2022.

Israel menghabiskan $27,5 miliar pada tahun 2023, meningkat 24 persen dari 2022 – lonjakan yang sebagian dipicu oleh perang di Gaza setelah 7 Oktober.

Pasukan darat

Menurut Neraca Militer 2023:

Iran memiliki lebih dari 10.513 tank tempur, lebih dari 6.798 senjata artileri, dan lebih dari 640 kendaraan lapis baja. Angkatan darat juga memiliki 50 helikopter, sementara IRGC memiliki 5 helikopter.

Israel memiliki sekitar 400 tank tempur, 530 senjata artileri, dan lebih dari 1.190 kendaraan pengangkut pribadi.

Angkatan Udara

Pasukan udara memainkan peran penting Israel jelas lebih unggul dari Iran dalam hal kekuatan udara, menurut Global Firepower Index.

Israel secara keseluruhan dilengkapi dengan 612 jet tempur.

Iran memiliki 551 jet tempur.

Di luar angka-angka itu, kualitas pesawat militer juga penting, kata Hinz kepada DW. Jika terjadi konflik, penerbangan akan memainkan peran yang sangat penting, bahkan mungkin peran yang menentukan bagi Israel, katanya.

“Di sisi Iran, bagaimanapun, pesawat terbang tidak memiliki arti penting, karena hampir tidak mungkin memperbarui armada karena sanksi,” katanya, seraya menambahkan bahwa Iran mampu membeli beberapa pesawat di tahun 1990an dan sekarang ingin membeli beberapa pesawat buatan Rusia.

“Tetapi pada dasarnya mereka tahu bahwa mereka tidak dapat mengimbangi angkatan udara Israel,” kata Hinz.

Inilah sebabnya mengapa Teheran berfokus pada pengembangan rudal dan pesawat tak berawak. Namun, masih dipertanyakan seberapa baik rudal dan drone ini dapat menangkis serangan udara Israel.

“Saya berasumsi bahwa ini tidak akan terlalu berhasil,” kata Hinz, seraya menambahkan bahwa “Iran tidak memiliki perisai pertahanan yang serius.”

Angkatan Laut

Menurut Neraca Militer 2023:

Iran memiliki 17 kapal selam taktis, 68 kapal patroli dan kombatan pesisir, tujuh korvet, 12 kapal pendaratan, 11 kapal pendaratan, 18 logistik dan peralatan pendukung.

Israel memiliki lima kapal selam dan 49 kapal patroli dan kapal tempur pesisir.

Sistem pertahanan udara

Menurut Neraca Militer 2023:

Israel bergantung pada apa yang dikenal sebagai sistem Iron Dome, yang diyakini telah mencegat sebagian besar rudal Iran pada Selasa malam. Sistem pertahanan udara ini dilengkapi dengan radar yang mendeteksi proyektil yang masuk, kecepatan dan arahnya. Pusat kendali kemudian menghitung apakah proyektil tersebut menimbulkan ancaman bagi kota-kota Israel.

Proyektil yang tidak menimbulkan ancaman dibiarkan mendarat di lahan kosong. Jika proyektil itu menimbulkan ancaman, unit penembak rudal meluncurkan rudal untuk menembak jatuh proyektil tersebut. Peluncur berisi 20 rudal pencegat.

Ada 10 baterai Iron Dome yang tersebar di seluruh Israel. Sistem lainnya mencegat rudal jarak menengah dan jarak jauh. David’s Sling mencegat rudal dengan jarak antara 40 km dan 300 km. Sistem Panah mencegat rudal dengan jangkauan hingga 2.400 km.

Iran: Pada Februari, Iran mengerahkan Azarakhsh jarak pendek, ketinggian rendah, yang berarti “petir” dalam bahasa Persia. Ini adalah sistem deteksi inframerah, dilengkapi dengan radar dan sistem elektro-optik untuk mendeteksi dan mencegat target. Alat ini dapat dipasang pada kendaraan.

Iran memiliki berbagai sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara yang berbeda. Ini termasuk lebih dari 42 rudal jarak jauh S-200, S-300, dan Bavar-373 buatan Rusia; lebih dari 59 rudal jarak menengah MIM-23 Hawk, HQ-2J, dan Khordad-15 buatan Amerika Serikat; dan 279 rudal jarak pendek CH-SA-4 dan 9K331 Tor-M1 buatan Cina.

Namun, perlindungan mutlak tentu saja tidak mungkin. Serangan drone dan rudal Iran baru-baru ini telah mengungkapkan di mana Israel perlu melakukan perbaikan, kata Alexander Grinberg, seorang ahli Iran di lembaga pemikir Israel, Jerusalem Institute for Strategy and Security tentang respons pertama Iran pada April 2024.

“Pada prinsipnya, cukup mudah untuk menembak jatuh pesawat tak berawak semacam itu, karena mereka tidak terlalu cepat,” katanya kepada DW, seraya menambahkan bahwa hal itu bahkan bisa dilakukan dengan senapan mesin sederhana. Namun, bukan hanya jenis drone yang penting, tapi juga jumlahnya.

“Pada Minggu malam [14 April, ketika Iran menyerang Israel – catatan Editor] menjadi jelas bahwa Anda juga harus mampu menangkis serangan dari sejumlah besar drone dan Israel harus siap untuk itu,” kata Grinberg. Beberapa rudal berhasil dijatuhkan oleh sekutu-sekutu Israel.

Rudal balistik

Menurut Proyek Pertahanan Rudal dari lembaga think tank yang berbasis di Amerika Serikat, Center for Strategic and International Studies (CSIS):

Iran memiliki setidaknya 12 jenis rudal balistik jarak menengah dan jarak pendek di gudang senjatanya. Mulai dari Tondar 69, yang memiliki jangkauan 150 km hingga Khorramshahr dan Sejjil, yang memiliki jarak tempuh hingga 2.000 km.

Israel memiliki setidaknya empat jenis rudal balistik jarak pendek, menengah, dan menengah, mulai dari LORA dengan jangkauan 280 km hingga Jericho-3 dengan jangkauan antara 4.800 km dan 6.500 km.

Kemampuan nuklir

Israel diperkirakan memiliki 90 hulu ledak nuklir di tempat penyimpanannya, menurut Asosiasi Pengendalian Senjata yang berbasis di AS.

Iran diyakini tidak memiliki senjata nuklir, tetapi memiliki program nuklir yang canggih dan mengoperasikan beberapa fasilitas nuklir dan pusat penelitian. Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei melarang produksi senjata dalam sebuah dekrit atau fatwa keagamaan pada awal 2000-an, dengan mengatakan bahwa hal itu dilarang dalam Islam. Namun, pada Mei, Iran mengancam akan mengubah doktrin nuklirnya “jika eksistensi Iran terancam”.

Exit mobile version