Langkah Efektif Impor Barang Dari China

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ilustrasi Langkah Efektif Impor Barang dari China. FOTO/Net. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH – Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mempertimbangkan memasok produk secara impor dari China. impor barang China kini semakin populer karena kemudahannya. Hanya menggunakan jasa impor barang dari China yang terpercaya, Anda sudah bisa mengimpor barang dari China.

ADVERTISEMENTS

Namun yang perlu diperhatikan yaitu pemasok harus terjamin kualitasnya dan memiliki harga yang murah atau terjangkau agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Bagi para pelaku bisnis, impor barang China dapat memperluas bisnisnya terutama bisnis dengan skala kecil dengan harga yang terjangkau.

ADVERTISEMENTS

Akan tetapi, impor barang China pun memiliki resiko dan tantangannya sendiri. Agar tidak salah langkah, cari tahu terlebih dulu bagaimana cara mengimpor barang China terutama bisnis berskala kecil.

ADVERTISEMENTS

Mengapa Impor Barang China?

China sudah menjadi salah satu negara produsen barang yang terbesar di dunia. Ada banyak produk-produk yang sangat baik dengan harganya yang relatif terjangkau. Apalagi China terkenal juga akan kecerdasannya dalam memproduksi barang tiruan atau replika dari barang merk mewah.

ADVERTISEMENTS

Barang-barang replika tersebut sering dicari banyak orang yang ingin memiliki barang serupa namun membelinya dengan harga yang lebih terjangkau. Di samping itu, proses impor barang China ini sangatlah mudah dilakukan, apalagi bagi para pelaku bisnis skala kecil untuk mengimpor barang dari China dengan cara yang aman.

ADVERTISEMENTS

Cara Mengimpor Barang Dari China

Ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika akan mengimpor barang dari China. Berikut ini beberapa langkah impor barang China.

1. Mencari Pemasok Barang

Langkah yang pertama perlu Anda lakukan yaitu mencari pemasok. Carilah pemasok barang dari China yang menyediakan berbagai barang yang ingin Anda impor. Kini mencari pemasok barang bukanlah hal yang sulit, Anda bisa mengunjungi marketplace di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Marketplace China yang sudah tidak asing lagi dan sering dipilih yaitu Taobao, 1688, Aliexpress dan Alibaba. Jika sudah menemukan pemasok dari China yang cocok, sebaiknya jangan langsung membeli begitu saja.

Namun pastikan dulu pemasok tersebut berkualitas, terpercaya dan bukanlah penipu. Anda harus melakukan riset dulu untuk mencari tahu tentang identitas pemasok dengan membaca ulasan pembeli sebelumnya.

2. Negosiasi Harga

Jika Anda sudah yakin dengan pemasok barang yang akan dipilih, Anda bisa melakukan negosiasi harga. Semakin banyak barang produk yang Anda beli, maka harganya akan semakin murah. Jadi negosiasikan dulu tentang hal ini agar Anda dapat membeli stok barang dengan harga yang semurah mungkin.

Apabila sudah, Anda bisa langsung melakukan pembayaran. Jika transaksi dilakukan melalui marketplace, pembayaran bisa dilakukan melalui marketplace tersebut yang sama. Pembayaran melalui marketplace China pada umumnya menggunakan Wechat dan Alipay. Namun tidak sedikit pula yang menggunakan PayPal untuk metode pembayaran atau menggunakan Debit/Credit Online.

3. Mengurus Dokumen Ekspor Impor

Untuk kebutuhan impor barang China ini diperlukan dokumen-dokumen yang cukup beragam. Kelengkapan dokumen ini tergantung dengan jenis barang yang diimpor tersebut dan sesuai dengan hukum yang berlaku di negara yang menjadi tujuan. Izin impor barang ini diperlukan agar memastikan bahwa barang tersebut yang diimpor tersebut sudah memenuhi hukum yang diberlakukan di negara tujuan.

Dokumen pemberitahuan impor barang ini juga sangat penting karena berfungsi untuk notifikasi resmi bagi otoritas bea cukai tentang adanya impor barang masuk ke negaranya. Selain itu, ada juga dokumen-dokumen terkait yang lainnya dan harus dipenuhi, misalnya sertifikat kualitas produk, surat keterangan asal barang dan surat izin impor.

Proses kepengurusan dokumen impor ini dapat memakan waktu cukup lama apalagi jika terdapat persyaratan khusus yang wajib dipenuhi. Maka dari itu, sangat penting bagi pelaku bisnis untuk terlebih dulu mempersiapkan dokumen-dokumen yang penting tersebut secara matang.

4. Pilihlah Jasa Pengiriman Barang

Langkah berikutnya yaitu memilih jasa impor barang dari China yang tepat. Setelah itu, pilihlah jasa ekspedisi dari China ke Jakarta yang sudah terpercaya dan mempunyai pengalaman mengirimkan barang-barang produksi China ke negara lainnya.

Di samping itu, perhatikan juga untuk biaya pengiriman yang ditetapkan, bandingkan dengan jasa ekspedisi yang lainnya untuk memastikan harga yang ditawarkannya sudah sesuai dengan kualitas layanannya yang diberikan.

Selain itu ada layanan tambahan yang diberikan oleh jasa tersebut seperti jasa pembayaran, kepengurusan dokumen ekspor impor, pengurusan bea cukai yang menjadi nilai tambah jasa ekspedisi tersebut.

Keuntungan impor Barang China

Melakukan impor barang dari China dapat memberikan keuntungan yang banyak. Apalagi jika bisnis ini dalam skala kecil dan masih tergolong baru. Beberapa keuntungan berikut ini yang bisa didapatkan.

1. Harga Yang Terjangkau

Harga yang lebih terjangkau ini menjadi keuntungan yang utama untuk mengimpor produk dari China. Dengan membeli barang langsung dari produsen di China, maka pelaku bisnis bisa mendapatkan produk dengan harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan membelinya di pasar lokal.

Tentu saja hal ini dapat membantu para pelaku bisnis menjual produknya dengan harga yang bersaing di pasaran dan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

2. Kualitas Produk Terjamin

Produk-produk yang ditawarkan dari China memang dari segi kualitas patut diacungi jempol. Sebab produk-produk yang diproduksi di China pada umumnya sudah memenuhi standar internasional dan sudah dikenal baik oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Tentu saja hal ini akan menjadi daya tarik untuk para pelaku bisnis yang akan menyediakan produk dengan kualitas tinggi untuk para pelanggannya. Calon pembeli tentu tidak akan ragu lagi dengan kualitas barang yang akan mereka beli sebab sudah dipercaya secara kualitasnya buatan dari China.

3. Produk Beragam

China yang terkenal dengan produsen barang yang sangat beragam jenisnya ini, mulai dari barang elektronik, furniture, tekstil, sampai aksesoris dan juga fashion. Dengan adanya akses yang sangat beragam jenisnya ini, para pelaku bisnis bisa memperluas pasarnya dan menawarkan produknya lebih bervariasi kepada para calon pembelinya nanti.

4. Keuntungan Yang Lebih Besar

Dengan mendapatkan barang lebih murah, maka para pelaku bisnis bisa menjualnya lagi dengan harga lebih murah di pasaran sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Akan tetapi yang perlu diingat bahwa untuk melakukan impor barang dari China ini para pelaku bisnis harus memperhatikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya biaya logistik serta bea masuk yang dapat diukur dengan menghitung potensi keuntungan yang akan didapatkan.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara mengimpor barang dari China. Apakah Anda tertarik mengimpor barang ke Indonesia dari China?

Dengan panduan tersebut Anda bisa gunakan ketika akan mengimpor barang dari China menggunakan jasa impor barang dari China yang tepat dan terpercaya agar proses impor berjalan dengan aman dan efektif yang sesuai dengan prosedur pengiriman dan hukum yang berlaku di negara tujuan.[]

Exit mobile version