Jumat, 04/10/2024 - 02:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Langkah Efektif Impor Barang Dari China New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mempertimbangkan memasok produk secara impor dari China. impor barang China kini semakin populer karena kemudahannya. Hanya menggunakan jasa impor barang dari China yang terpercaya, Anda sudah bisa mengimpor barang dari China.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Namun yang perlu diperhatikan yaitu pemasok harus terjamin kualitasnya dan memiliki harga yang murah atau terjangkau agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Bagi para pelaku bisnis, impor barang China dapat memperluas bisnisnya terutama bisnis dengan skala kecil dengan harga yang terjangkau.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan dan Pengucupan Sumpah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Akan tetapi, impor barang China pun memiliki resiko dan tantangannya sendiri. Agar tidak salah langkah, cari tahu terlebih dulu bagaimana cara mengimpor barang China terutama bisnis berskala kecil.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Mengapa Impor Barang China?

China sudah menjadi salah satu negara produsen barang yang terbesar di dunia. Ada banyak produk-produk yang sangat baik dengan harganya yang relatif terjangkau. Apalagi China terkenal juga akan kecerdasannya dalam memproduksi barang tiruan atau replika dari barang merk mewah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Barang-barang replika tersebut sering dicari banyak orang yang ingin memiliki barang serupa namun membelinya dengan harga yang lebih terjangkau. Di samping itu, proses impor barang China ini sangatlah mudah dilakukan, apalagi bagi para pelaku bisnis skala kecil untuk mengimpor barang dari China dengan cara yang aman.

Berita Lainnya:
Taliban Kepengen Masuk BRICS
ADVERTISEMENTS
Ucapan Duka Cita atas Meninggal Dunia Bank Aceh Syariah Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab

Cara Mengimpor Barang Dari China

Ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika akan mengimpor barang dari China. Berikut ini beberapa langkah impor barang China.

1. Mencari Pemasok Barang

Langkah yang pertama perlu Anda lakukan yaitu mencari pemasok. Carilah pemasok barang dari China yang menyediakan berbagai barang yang ingin Anda impor. Kini mencari pemasok barang bukanlah hal yang sulit, Anda bisa mengunjungi marketplace di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Marketplace China yang sudah tidak asing lagi dan sering dipilih yaitu Taobao, 1688, Aliexpress dan Alibaba. Jika sudah menemukan pemasok dari China yang cocok, sebaiknya jangan langsung membeli begitu saja.

Namun pastikan dulu pemasok tersebut berkualitas, terpercaya dan bukanlah penipu. Anda harus melakukan riset dulu untuk mencari tahu tentang identitas pemasok dengan membaca ulasan pembeli sebelumnya.

2. Negosiasi Harga

Jika Anda sudah yakin dengan pemasok barang yang akan dipilih, Anda bisa melakukan negosiasi harga. Semakin banyak barang produk yang Anda beli, maka harganya akan semakin murah. Jadi negosiasikan dulu tentang hal ini agar Anda dapat membeli stok barang dengan harga yang semurah mungkin.

Apabila sudah, Anda bisa langsung melakukan pembayaran. Jika transaksi dilakukan melalui marketplace, pembayaran bisa dilakukan melalui marketplace tersebut yang sama. Pembayaran melalui marketplace China pada umumnya menggunakan Wechat dan Alipay. Namun tidak sedikit pula yang menggunakan PayPal untuk metode pembayaran atau menggunakan Debit/Credit Online.

Berita Lainnya:
Harga Beras Indonesia Termahal di ASEAN, Ini Tanggapan Jokowi

3. Mengurus Dokumen Ekspor Impor

Untuk kebutuhan impor barang China ini diperlukan dokumen-dokumen yang cukup beragam. Kelengkapan dokumen ini tergantung dengan jenis barang yang diimpor tersebut dan sesuai dengan hukum yang berlaku di negara yang menjadi tujuan. Izin impor barang ini diperlukan agar memastikan bahwa barang tersebut yang diimpor tersebut sudah memenuhi hukum yang diberlakukan di negara tujuan.

Dokumen pemberitahuan impor barang ini juga sangat penting karena berfungsi untuk notifikasi resmi bagi otoritas bea cukai tentang adanya impor barang masuk ke negaranya. Selain itu, ada juga dokumen-dokumen terkait yang lainnya dan harus dipenuhi, misalnya sertifikat kualitas produk, surat keterangan asal barang dan surat izin impor.

Proses kepengurusan dokumen impor ini dapat memakan waktu cukup lama apalagi jika terdapat persyaratan khusus yang wajib dipenuhi. Maka dari itu, sangat penting bagi pelaku bisnis untuk terlebih dulu mempersiapkan dokumen-dokumen yang penting tersebut secara matang.

4. Pilihlah Jasa Pengiriman Barang

Langkah berikutnya yaitu memilih jasa impor barang dari China yang tepat. Setelah itu, pilihlah jasa ekspedisi dari China ke Jakarta yang sudah terpercaya dan mempunyai pengalaman mengirimkan barang-barang produksi China ke negara lainnya.

1 2

Reaksi & Komentar

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَ مِن دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَّقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا الكهف [14] Listen
And We made firm their hearts when they stood up and said, "Our Lord is the Lord of the heavens and the earth. Never will we invoke besides Him any deity. We would have certainly spoken, then, an excessive transgression. Al-Kahf ( The Cave ) [14] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi