Jumat, 04/10/2024 - 01:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Rudal Iran Incar Fasilitas Nuklir Rahasia Israel yang Sempat tak Terdeteksi AS New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Serangan rudal Iran ternyata juga mengincar fasilitas nuklir Dimona milik Israel yang penuh teka-teki. Fasilitas ini berhasil menghindari intelijen AS selama beberapa waktu setelah mulai dibangun pada 1958. Pada 1 Oktober, Iran meluncurkan sekitar 200 rudal balistik ke Israel, memperburuk situasi yang sudah tidak stabil di Timur Tengah. Serangan itu terjadi beberapa hari setelah Israel membunuh pemimpin Hizbullah yang didukung Iran dan mengerahkan pasukan ke Lebanon.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Di antara target serangan rudal Iran adalah fasilitas nuklir Israel di Dimona. Lokasi ini telah lama didambakan oleh para perencana militer Iran. Fasilitas nuklir Dimona telah lama menjadi target utama ambisi Iran untuk serangan jarak jauh.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan dan Pengucupan Sumpah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Beberapa video yang muncul, menunjukkan roket mendarat di daerah gurun, kemungkinan ditujukan ke Dimona, meskipun gagal menyebabkan kerusakan berarti. Israel mengatakan upaya terkoordinasi antara sistem antirudal Iron Dome dan militer AS menyebabkan serangan itu gagal menimbulkan kerusakan signifikan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Teka-teki Dimona

Mengutip laporan Eurasian Times, fasilitas nuklir Dimona telah lama menjadi target yang sangat sensitif dan penting secara strategis, meskipun masih jauh dari mata publik. Pembangunan di lokasi tersebut dimulai pada 1958, tetapi baru pada Desember 1960 intelijen AS ‘menemukan’ Dimona sebagai fasilitas nuklir, berkat Profesor Henry Gomberg dari Universitas Michigan.

Berita Lainnya:
Kampus Pemberi Doktor HC Raffi Ahmad Diduga Catut Profil WN Rusia Jadi Pengurus
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Selama kunjungannya ke Israel sebagai konsultan Komisi Energi Atom Israel (IAEC), Gomberg menyadari bahwa Israel sedang mengembangkan proyek nuklir skala besar yang dirahasiakan. Gomberg melaporkan temuannya kepada Duta Besar AS di Tel Aviv, Ogden Reid, dan Komisi Energi Atom (AEC) di Paris.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Duka Cita atas Meninggal Dunia Bank Aceh Syariah Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab

Kesaksiannya, bersama dengan informasi intelijen lainnya, menyebabkan CIA mengedarkan temuannya ke berbagai lembaga pemerintah AS, termasuk Gedung Putih, Departemen Luar Negeri, dan Kongres, pada awal Desember 1960, yang mengonfirmasi keberadaan proyek nuklir. Dimona pun akhirnya terungkap.

Pada 7 Desember 1960, Departemen Luar Negeri AS secara resmi menangani masalah tersebut dengan memanggil Duta Besar Israel untuk memberikan penjelasan, dan secara resmi menempatkan Dimona dalam agenda diplomatik.

Namun, dari sudut pandang Israel, keterlambatan penemuan itu merupakan suatu keberuntungan, karena hal itu memungkinkan proyek tersebut untuk terus berlanjut tanpa tekanan Politik langsung dari AS, yang dapat menggagalkan upaya itu.

Menanggapi kegagalan intelijen tersebut, Badan Intelijen AS (USIB) meminta laporan ‘post-mortem’ terperinci dari CIA untuk menganalisis mengapa perkembangan Dimona tidak diketahui sebelumnya. Laporan setebal 17 halaman tersebut diserahkan kepada Presiden Kennedy pada 31 Januari 1961, beberapa hari setelah ia memangku jabatan.

Berita Lainnya:
Kerusakan yang Ditimbulkan oleh Rudal Iran di Pangkalan Udara Nevatim

Modernisasi Sistem Nuklir Israel

Menurut laporan Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) Juni 2024, Israel telah meningkatkan sistem senjata nuklirnya, memodernisasi fasilitas produksi di selatan, kemungkinan dekat Dimona. Meskipun Israel tidak pernah secara resmi mengakui memiliki senjata nuklir, secara luas diyakini negara itu memiliki sekitar 90 hulu ledak.

Laporan tahunan SIPRI, yang meninjau perkembangan sepanjang tahun 2023 hingga Januari 2024, juga mengklaim bahwa ada bukti Israel sedang dalam proses meningkatkan reaktor nuklirnya di kota selatan Dimona.

Israel telah lama memiliki kebijakan ‘ambiguitas nuklir’, tidak membenarkan atau menyangkal persenjataan nuklirnya. Selama beberapa dekade, Israel telah menyatakan bahwa mereka bukan yang pertama memperkenalkan senjata nuklir ke Timur Tengah. Meskipun ada ambiguitas ini, perkembangan dan konflik geopolitik terkini, termasuk perang di Gaza dan serangan proksi yang didukung Iran, telah menyoroti pentingnya mencegah nuklir Israel.

Namun, komentar di publik oleh para pejabatnya telah mengisyaratkan kemampuan nuklir Israel. Secara historis, para pejabat Israel mempertimbangkan untuk mengerahkan senjata nuklir selama Perang Yom Kippur 1973 setelah serangan mendadak oleh pasukan Mesir dan Suriah.

1 2

Reaksi & Komentar

قَيِّمًا لِّيُنذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِّن لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا الكهف [2] Listen
[He has made it] straight, to warn of severe punishment from Him and to give good tidings to the believers who do righteous deeds that they will have a good reward Al-Kahf ( The Cave ) [2] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi