Jumat, 11/10/2024 - 10:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

SPORT

FIFA Bisa Ubah Hasil Laga Bahrain Vs Timnas Indonesia Usai Wasit Ahmed Al Kaf Berikan Tambahan Waktu dari 6 ke 9 Menit New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH  – Apakah FIFA bisa ubah hasil laga Bahrain vs Timnas Indonesia usai Wasit Ahmed Al Kaf berikan tambahan waktu dari 6 ke 9 menit rugikan Skuad Garuda?

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

Timnas Indonesia harus puas dengan hasil seri melawan Bahrain dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung Kamis (10/10) malam.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Dalam laga tersebut, kemenangan sebetulnya sudah berada di depan mata Timnas Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan dan Pengucupan Sumpah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Namun, keputusan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf di penghujung laga membuyarkan kemenangan Timnas Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Wasit asal Oman itu memberikan tambahan waktu babak kedua selama enam menit, tetapi pertandingan malah dibiarkan berakhir hingga sembilan menit. Bahrain pun mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-90+9.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Timnas Indonesia vs Bahrain pun berakhir dengan skor 2-2.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Duka Cita atas Meninggal Dunia Bank Aceh Syariah Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab

Adapun Timnas Indonesia dalam laga tersebut awalnya tertinggal lebih dahulu oleh Bahrain. Pemain Bahrain Marhoon mencetak gol cantik dari tendangan bebas pada menit ke-15.

Jelang turun minum, Timnas Indonesia berhasil menyamakan skor lewat kai Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3.

Pada babak kedua, Indonesia mampu membalikkan kedudukan melalui tendangan cantik dari Rafael Struick pada menit ke-74.

Berita Lainnya:
Beberapa Venue Terimbas Badai, Pj Gubernur Safrizal: Segera Kita Perbaiki

Selanjutnya, saat pertandingan sudah memasuki menit ke-90, wasit Ahmed Al Kaf memberikan tambahan waktu selama enam menit. Namun, saat tambahan waktu sudah berlangsung selama enam menit, Ahmed Al Kaf tak kunjung meniup peluit panjang. Hingga pada akhirnya, Timnas Indonesia kebobolan pada menit ke-90+9.

Hasil itu mengundang reaksi keras dari Timnas Indonesia. Protes keras pun dilayangkan kepada Ahmed Al Kaf. Masyarakat Indonesia pun juga turut geram dan kecewa berat dengan wasit tersebut.

Lantas, apakah FIFA bisa mengubah hasil pertandingan tersebut usai keputusan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf itu? Berdasarkan FIFA Laws Of The Game 2024/2025 yang dirilis International Football Association Board (IFAB), pada bagian Wasit halaman 65 tertulis bahwa wasit memiliki kewenangan penuh untuk menegakkan peraturan permainan yang berhubungan dengan pertandingan.

Kemudian, pada sub-bagian ‘Keputusan Wasit’, dijelaskan bahwa keputusan wasit akan dibuat sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan permainan dan semangat permainan, serta juga didasari pendapat wasit yang memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan yang tepat.

“Keputusan wasit mengenai fakta yang berhubungan dengan permainan, termasuk gol yang dicetak atau tidak dan hasil pertandingan, bersifat final. Keputusan wasit, dan semua ofisial pertandingan lainnya, harus selalu dihormati,” bunyi FIFA Laws Of The Game.

Selain itu, jika permainan telah dimulai kembali atau peluit tanda babak pertama atau kedua sudah dibunyikan, wasit tidak boleh mengubah keputusan untuk memulai kembali pertandingan meskipun dirinya menyadari bahwa keputusannya salah.

Berita Lainnya:
Jokowi Batal Tutup PON XXI karena Takut Ditimpuk Tempe Kering

Dengan demikian, berdasarkan aturan tersebut, FIFA tidak bisa mengubah hasil pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain, karena keputusan wasit mengenai hasil pertandingan itu sudah final. Masyarakat Indonesia diharapkan bisa menghormati keputusan tersebut.

Selanjutnya, terkait tambahan waktu, menurut aturan FIFA nomor 7 poin 3, tertulis bahwa wasis bisa memberikan tambahan waktu, karena kondisi tertentu, mulai dari pergantian pemain, pemain buang-buang waktu hingga pemain cedera.

Lalu, soal keputusan wasit Ahmed Al Kaf menambah tambahan waktu dari enam ke sembilan menit juga dibolehkan secara aturan.

“Waktu tambahan dapat ditambah oleh wasit tapi tidak dikurangi,” bunyi peraturan FIFA.

Dengan demikian, keputusan Ahmed Al Kaf tidak salah dan sudah sesuai aturan FIFA.[]


Reaksi & Komentar

وَلَمَّا جَاءَهُمْ رَسُولٌ مِّنْ عِندِ اللَّهِ مُصَدِّقٌ لِّمَا مَعَهُمْ نَبَذَ فَرِيقٌ مِّنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ كِتَابَ اللَّهِ وَرَاءَ ظُهُورِهِمْ كَأَنَّهُمْ لَا يَعْلَمُونَ البقرة [101] Listen
And when a messenger from Allah came to them confirming that which was with them, a party of those who had been given the Scripture threw the Scripture of Allah behind their backs as if they did not know [what it contained]. Al-Baqarah ( The Cow ) [101] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi