Jumat, 11/10/2024 - 13:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Garda Revolusi Iran Diduga Kuat Disusupi Israel, Jenderal Qaani Ditahan untuk Penyelidikan New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Esmail Qaani, pemimpin Pasukan Quds Garda Revolusi Iran, masih hidup dan tidak terluka tetapi dalam penjagaan dan sedang diinterogasi saat Iran menyelidiki pelanggaran keamanan. Demikian disampaikan beberapa sumber kepada Middle East Eye.Qaani tidak terlihat di depan umum sejak Israel membunuh pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dalam serangan udara besar-besaran di Beirut pada 27 September, sebuah peristiwa yang mengguncang aliansi Poros Perlawanan anti-Israel.

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

Sejak saat itu, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran telah membuka penyelidikan tentang bagaimana Israel dapat menembus kepemimpinan paling senior gerakan Lebanon dan mengidentifikasi di mana dan kapan Nasrallah akan ditemukan.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Sepuluh sumber di Teheran, Beirut dan Baghdad, termasuk tokoh senior Syiah dan sumber yang dekat dengan Hizbullah dan di IRGC, mengatakan kepada MEE bahwa bahkan Qaani, salah satu jenderal paling senior Iran, dan timnya sedang ‘ditahan’ saat penyelidik mencari jawaban.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan dan Pengucupan Sumpah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Qaani menjadi kepala Pasukan Quds, unit luar negeri IRGC, setelah AS membunuh pemimpin sebelumnya, Qassem Soleimani, pada Januari 2020. Selama dua bulan terakhir, Israel telah membunuh beberapa pemimpin tinggi di Poros Perlawanan yang dipimpin Iran, termasuk mayoritas petinggi militer Hizbullah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Kecurigaan bahwa komandan senior Iran ‘telah dikompromikan’ bertambah ketika calon pengganti Nasrallah, Hashem Safieddine, tampaknya tewas dalam serangan Israel yang kuat lainnya di pangkalan bawah tanah rahasia Hizbullah pada 4 Oktober.

Berita Lainnya:
Jokowi Kumpulkan Kapolda-Kapolres di IKN, Ada Apa?
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Safieddine diyakini telah tewas dalam sebuah pertemuan Dewan Syura Hizbullah, yang mencakup para pemimpin paling senior partai tersebut. Dalam beberapa menit setelah tiba, ia terkena serangan yang sangat kuat sehingga menghancurkan empat bangunan tempat tinggal besar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Duka Cita atas Meninggal Dunia Bank Aceh Syariah Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab

Nasib Safieddine dan rekan-rekannya masih belum dapat dipastikan, karena pesawat Israel menembaki petugas penyelamat atau anggota Hizbullah yang mencoba mencapai lokasi tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Selasa bahwa Safieddine telah ‘dibawa keluar’. Tetapi seorang juru bicara militer Israel kemudian mengatakan bahwa ia tidak dapat memastikan bahwa ia telah terbunuh.

“Qaani tiba di Lebanon dua hari setelah pembunuhan Nasrallah, ditemani oleh beberapa komandan IRGC dan tokoh lainnya ‘untuk menilai situasi di lapangan’,” menurut sumber MEE.

Namun setelah serangan terhadap Safieddine, semua kontak dengannya terputus selama dua hari.

Spekulasi telah berkembang di internet dan di media bahwa Qaani terluka atau terbunuh dalam pemboman terus-menerus Israel di pinggiran selatan Beirut.

Namun seorang sumber di IRGC dan pejabat senior Irak mengatakan kepada MEE bahwa pemimpin Pasukan Quds tidak terluka dan tidak bersama Safieddine pada pertemuan Dewan Syura.

Pada Selasa, Iraj Masjedi, wakil komandan Pasukan Quds dan mantan duta besar Iran untuk Baghdad, mengatakan kepada wartawan bahwa Qaani dalam keadaan sehat dan menjalankan tugas hariannya.

Berita Lainnya:
Roy Suryo Ungkap Kebohongan Kaesang yang Klaim Terbang ke AS Bersama Pemilik Jet Pribadi

Namun, delapan sumber dari Iran, Irak, dan Lebanon mengatakan bahwa ia ditahan sementara penyelidikan terus berlanjut. “Iran memiliki kecurigaan serius bahwa Israel telah menyusup ke Korps Garda Revolusi Islam, terutama mereka yang bekerja di wilayah Lebanon, jadi semua orang saat ini sedang diselidiki,” kata komandan faksi bersenjata yang dekat dengan Iran kepada MEE.

“Tidak ada yang pasti saat ini. Penyelidikan masih berlangsung dan semua kemungkinan masih terbuka.”

Pelanggaran ‘100 persen Iran’

Penyelidikan Iran terhadap keadaan seputar kematian Nasrallah juga difokuskan pada pergerakan terakhir Brigadir Jenderal Abbas Nilforoushan, seorang komandan Pasukan Quds yang tewas bersama pemimpin Hizbullah.

Nilforoushan mulai mengawasi operasi di Suriah dan Lebanon setelah pendahulunya, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, tewas dalam serangan Israel terhadap gedung konsulat Iran di Damaskus pada bulan April.

Dua sumber yang dekat dengan Hizbullah dan sumber-sumber Irak yang mengetahui kejadian tersebut mengatakan kepada MEE bahwa Nasrallah berada di luar pinggiran selatan Beirut pada malam sebelum pembunuhannya. Namun ia kembali ke daerah tersebut untuk bertemu dengan Nilforoushan dan beberapa pemimpin partai di ruang operasi mereka yang biasanya dijaga ketat.

1 2

Reaksi & Komentar

مَن كَانَ عَدُوًّا لِّلَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِّلْكَافِرِينَ البقرة [98] Listen
Whoever is an enemy to Allah and His angels and His messengers and Gabriel and Michael - then indeed, Allah is an enemy to the disbelievers. Al-Baqarah ( The Cow ) [98] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi