Rabu, 16/10/2024 - 21:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Bank Tanah Lobi China dan Malaysia Garap Eco City Dekat IKN New

BANDA ACEH – Badan Bank Tanah telah melakukan beberapa penawaran kepada investor asing untuk masuk dalam pengembangan Eco City di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Tempat itu nantinya akan berfungsi sebagai kota penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN). Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja mengatakan, pihaknya terus melakukan market sounding kepada sejumlah investor. Beberapa di antaranya pun diklaim telah menaruh minat untuk berpartisipasi dalam pengembangan proyek Eco City dekat IKN.  

“Sudah, sudah (ada yang tertarik). Market sounding waktu itu ke beberapa investor termasuk China dan lain sebagainya. Tadi juga dari Malaysia datang dan lain sebagainya,” ujar Parman saat ditemui di Jakarta, dikutip Rabu (16/10/2024).

Tak hanya asing, ketertarikan pun datang dari para investor dalam negeri. Namun, Parman menyebut itu datang bukan dari pengembang besar, semisal Agung Sedayu Group milik konglomerat Sugianto Kusuma alias Aguan. 

“Dari lokal sangat banyak. Lokal umumnya karena itu proyek ecocity untuk logistik sistem dan untuk properti juga. (Ada Aguan?) Oh enggak, kalau pak Aguan kan di IKN. Ini lebih kecil-kecil lah,” ungkapnya.

Sebelumnya dilaporkan, Badan Bank Tanah menyediakan sekitar 1.000 hektare lahan untuk pengembangan Eco City di dekat IKN. Rencananya, nanti akan tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti perumahan, resort, hingga pelabuhan. 

Badan Bank Tanah juga menjalin kolaborasi dengan PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia. Melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk pemanfaatan salah satu lahan Bank Tanah terkait proyek Penajam Eco City dalam rangka mendukung Ibu Kota Nusantara.

Mitra Bank Tanah

Melalui nota kesepahaman ini, J Trust Consulting Indonesia ditunjuk sebagai mitra Badan Bank Tanah, dengan mandat eksklusif untuk memperkenalkan dan menangani investor asal Jepang yang akan berinvestasi di kawasan hak pengelolaan lahan (HPL) Badan Bank Tanah tersebut. Sementara itu J Trust Bank akan mendukung para investor asal Jepang dalam aspek finansial.

HPL Badan Bank Tanah yang saat ini tengah dikembangkan yakni proyek Penajam Eco City berada di PPU. Kawasan ini merupakan salah satu aset persediaan lahan Badan Bank Tanah dari total keseluruhan seluas 18.758 hektare di seluruh Indonesia.

Pesawat Jokowi Mendarat Mulus di Bandara IKN, Bos Bank Tanah: Pendaratan Bersejarah

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi untuk pertama kalinya mendarat di Bandara IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024) lalu, menggunakan Pesawat Kepresidenan seri Boeing 737-800.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah mendarat di Bandara IKN menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 yang relatif lebih kecil pada 24 September 2024.

Pendaratan ini terasa amat spesial bagi Badan Bank Tanah. Pembangunan Bandara IKN ini berada di atas HPL Badan Bank Tanah yang berada di PPU seluas 4.162 Ha, yang mana seluas 621 Ha dialokasikan untuk proyek strategis nasional (PSN) tersebut dengan tarif nol rupiah alias gratis.

“Pendaratan ini begitu bersejarah. Ini adalah tinta emas yang kami torehkan dalam sejarah aviasi Indonesia serta masa depan negara. Bandara ini tentunya ke depan akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kesejahteraan masyarakat khususnya di PPU dan perekonomian Indonesia,” kata Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja dalam keterangan persnya, Minggu (13/10/2024).

Bandara IKN pertama kali dilakukan groundbreaking pada 1 November 2023. Melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara, Badan Bank Tanah diberikan amanah untuk menyediakan lahannya. Proses penyediaan lahannya pun berlangsung dengan sangat baik dan dapat didukung oleh masyarakat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi secara terpisah menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada Badan Bank Tanah. Menurut dia, kerja sama antara Kemenhub, Kementerian PUPR dan Badan Bank Tanah, menghasilkan kolaborasi yang baik dan berdampak positif pada percepatan sebuah pembangunan.

1 2

Reaksi & Komentar

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِن رَّبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ البقرة [37] Listen
Then Adam received from his Lord [some] words, and He accepted his repentance. Indeed, it is He who is the Accepting of repentance, the Merciful. Al-Baqarah ( The Cow ) [37] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi