Jika Terus Membangkang, Israel Bisa Kehilangan Senjata AS

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH – Amerika Serikat kembali mengeluarkan tekanan agar Israel mematuhi aturan dan bersedia bekerja sama meningkatkan bantuan ke Jalur Gaza dalam waktu 30 hari.Jika ketentuan itu kembali dilanggar, Israel terancam kehilangan sebagian bantuan militer yang disediakan Washington.

ADVERTISEMENTS

Dalam surat yang dikirim Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin disebutkan bahwa Israel harus mengikuti persyaratan tersebut untuk memastikan bahwa bantuan senjata bisa dilanjutkan.

ADVERTISEMENTS

Kedua pejabat AS itu mendesak Israel untuk mengizinkan setidaknya 350 truk bantuan masuk per hari, untuk membuka penyeberangan kelima ke Gaza dan untuk mencabut perintah evakuasi bagi warga Palestina ketika tidak ada kebutuhan operasional.

ADVERTISEMENTS

“Harapan kami adalah Israel akan membuat perubahan yang telah kami gariskan dan yang telah kami rekomendasikan, dan sebagai hasil dari perubahan tersebut akan terjadi peningkatan dramatis dalam bantuan kemanusiaan,” ungkap isi surat tersebut, seperti dimuat New Arab pada Rabu, 16 Oktober 2024.

ADVERTISEMENTS

Surat yang ditujukan kepada Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pertama kali dilaporkan oleh Axios, dengan Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa surat tersebut dimaksudkan untuk tetap dirahasiakan.

ADVERTISEMENTS

Deplu AS mengatakan bahwa tekanan Washington sebelumnya berhasil meloloskan 300 hingga 400 truk per hari tetapi bantuan secara keseluruhan telah turun lebih dari 50 persen dari puncaknya.

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENT
Exit mobile version