Rabu, 16/10/2024 - 21:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jokowi Buka Suara Soal Keputusan Prabowo Pilih Sri Mulyani hingga Airlangga Masuk Kabinet Lagi: Itu Namanya Keberlanjutan New

BANDA ACEH  – Sederet menteri Kabinet Indonesia Maju di kepemimpinan Presiden Joko Widodo  (Jokowi) kembali masuk dalam jajaran menteri presiden terpilih Prabowo Subianto. Jokowi pun buka suara soal langkah pertama yang diambil pemerintahan Prabowo tersebut.

 Beberapa menteri Jokowi, khususnya dari tim ekonomi, banyak yang ditawari Prabowo jadi menteri lagi di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan lainnya. 

Menurut Jokowi, apa yang dilakukan Prabowo  adalah bentuk hak prerogatif sebagai presiden terpilih. Semua yang dipilih Prabowo, diakui Jokowi akan diterima olehnya dengan baik. “Yang pertama itu adalah hak prerogatif presiden terpilih Bapak Presiden Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto. Itu hak prerogatif. 

Siapapun yang dipilih kita semuanya menghargai,” ungkap Jokowi usai meresmikan Gedung Amanah Creative Hub Aceh, Selasa (15/10/2024) kemarin. 

Jokowi menilai, wajah lama yang kembali ditawarkan Prabowo jadi menteri, pasti sudah dipilih lewat pertimbangan yang matang.

 Tentunya juga dengan memperhatikan pengalaman Prabowo yang sudah berinteraksi dengan nama-nama tersebut di Kabinet Indonesia Maju selama lima tahun. 

“Mengenai kurang lebih 15 atau 16 menteri di kabinet sekarang yang juga dipilih oleh bapak Prabowo Subianto itu juga saya kira melalui pertimbangan matang. Melalui seleksi, melalui pengalaman beliau bergaul dan berinteraksi selama lima tahun,” papar Jokowi.

 Jokowi menyadari hampir semua menteri perekonomiannya “ditarik” oleh Prabowo. Ia menyebut hal tersebut sebagai keberlanjutan.  

 “Dan memang hampir tim ekonomi yang ada memang (dipanggil), ya itu yang namanya keberlanjutan, ya itu,” tegas Jokowi.

 Sebelumnya, Prabowo sempat mengatakan kabinet yang mau dibentuknya bakal banyak diisi menteri dari era Presiden Jokowi. 

Alasannya sederhana, dia melihat banyak orang-orang terbaik di kabinet Jokowi.  

Dia merasa orang-orang tersebut masih bagus untuk dipertahankan pada jabatannya, makanya dia tidak segan mengajaknya untuk bergabung lagi. “Sekarang saya dalam transisi ini merasa sangat dibantu, sangat didukung oleh Pak Jokowi dan timnya.

 Bahkan dalam saya menyusun kabinet, kok saya melihat banyak juga ya menteri-menteri yang akan datang, banyak juga yang berada di kabinet yang sekarang,” ujar Prabowo dalam acara BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024) lalu


Reaksi & Komentar

الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُونَ مَا أَنفَقُوا مَنًّا وَلَا أَذًى ۙ لَّهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ البقرة [262] Listen
Those who spend their wealth in the way of Allah and then do not follow up what they have spent with reminders [of it] or [other] injury will have their reward with their Lord, and there will be no fear concerning them, nor will they grieve. Al-Baqarah ( The Cow ) [262] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi