Kamis, 17/10/2024 - 17:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
NASIONAL
NASIONAL

Sosok Letjen TNI (Purn) Herindra: Orang Dekat Prabowo yang Dipercaya jadi Kepala BIN New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Herindra akan menggantikan Budi Gunawan yang sudah hampir satu dekade memimpin lembaga spionase tersebut.Penunjukan Herindra sebagai Kepala BIN ini cukup mengejutkan publik karena keluar menjelang Jokowi lengser dari kursi Presiden RI. Padahal biasa Kepala BIN itu ditunjuk dan diangkat oleh Presiden RI baru atau terpilih hasil pemilu. Dalam hal ini ranah penunjukan Kepala BIN seharusnya menjadi kewenangan dari Prabowo Subianto.

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

Namun Jokowi mengaku jika keputusannya menunjuk Herindra ini sudah berdasarkan hasil diskusinya dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

“Dan kita juga telah berbicara dengan pak Prabowo, itu atas permintaan dari Pak Prabowo,” kata Jokowi di Asahan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

Menurutnya, Kepala BIN baru nantinya akan dilantik bersamaan dengan para Menteri baru di Kabinet Prabowo-Gibran.

“Oh itu administrasi aja. Administrasi artinya karena kepala BIN yang baru ini akan dilantik bersama-sama dengan menteri pada tanggal 21 (Oktober) sehingga itu dilakukan,” kata.

Herindra Orang Dekat Prabowo dan Jokowi

Di luar polemik soal penunjukan Kepala BIN ini, publik perlu mengetahui jika Herindra bukanlah orang asing bagi Prabowo Subianto. Pasalnya Herindra sebelumnya merupakan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) atau wakil dari Prabowo. Sehingga bisa dikatakan Prabowo dan Herindra sudah memiliki kedekatan khusus.

Berita Lainnya:
Ternyata Penangkapan Tersangka Pembunuh Gadis Penjual Gorengan Berawal dari Laporan Pemilik Rumah Kosong

Selain memiliki kedekatan dengan Prabowo, Herindra juga dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terbukti saat Herindra menikahkan putra semata wayangnya, Arief Akbar pada Desember 2022. Dalam pernikahan tersebut, Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo menjadi saksi pernikahan tersebut.

Masuknya Herindra menjadi Wamenhan ini tak lepas dari andil besar Prabowo Subianto. Pasalnya Presiden terpilih ini memang sangat menghargai dan mengapresiasi para lulusan-lulusan terbaik di Akmil. Hal ini terbukti dengan ditariknya Letjen TNI (Purn) Herindra dan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto ke Kemhan. Untuk Donny saat ini merupakan Sekjen Kemhan sejak 2020 hingga sekarang.

Keduanya merupakan peraih penghargaan Adhi Makayasa di Akmil pada angkatannya masing-masing, Herindra Akmil 1987 dan Donny Ermawan Akmil 1988.

Lulusan Terbaik Akmil dan Teman Seangkatan Andika Perkasa

Herindra merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987. Dia merupakan lulusan terbaik diangkatannya sekaligus penerima penghargaan Adhi Makayasa.

Berita Lainnya:
Ridwan Kamil Sampaikan Visi Misi di Debat Perdana Pilkada Jakarta

Selain itu Herindra merupakan teman seangkatan mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Staf Khusus Menhan, Letjen TNI (Purn) AM Putranto. Kedua koleganya tersebut saat ini sedang bertarung di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024. Meski begitu, AM Putranto hanya menjadi Ketua Timses pasangan Cagub dan Cawagub Jateng, Ahmah Luthfi-Taj Yasin.

Dalam kerier militer, Herindra sempat menduduki sejumlah jabatan penting dan strategis. Namun hampir sepanjang kariernya, Herindra banyak bergelut dengan dunia spionase atau intelijen.

Beberapa jabatan yang pernah dijabat oleh Herindra adalah Asintel Danjen Kopassus (2008), Asintel Kasdam Jaya (2009), Dirlitbang Pusintelad, Pamen Denma Mabesad (Dik Luar Negeri), Koorspri KSAD.

Selanjutnya, Herindra pernah menjabat sebagai Danrem 101/Antasari (2012-2013), Wadanjen Kopassus (2013-2015), Kasdam III/Siliwangi (2015), Danjen Kopassus (2015-2016), hingga Pangdam III/Siliwangi (2016-2017).

Selain itu, pria kelahiran Magelang, Jateng 59 tahun lalu ini juga pernah menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bidang Hubint Panglima TNI (2017-2018), Irjen TNI (2018-2020), Kasum TNI (2020), dan Wamenhan RI (2020-2024).


Reaksi & Komentar

وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوهُمْ وَأَخْرِجُوهُم مِّنْ حَيْثُ أَخْرَجُوكُمْ ۚ وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ ۚ وَلَا تُقَاتِلُوهُمْ عِندَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ حَتَّىٰ يُقَاتِلُوكُمْ فِيهِ ۖ فَإِن قَاتَلُوكُمْ فَاقْتُلُوهُمْ ۗ كَذَٰلِكَ جَزَاءُ الْكَافِرِينَ البقرة [191] Listen
And kill them wherever you overtake them and expel them from wherever they have expelled you, and fitnah is worse than killing. And do not fight them at al-Masjid al- Haram until they fight you there. But if they fight you, then kill them. Such is the recompense of the disbelievers. Al-Baqarah ( The Cow ) [191] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi