Jumat, 18/10/2024 - 02:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
NASIONAL
NASIONAL

Pilot Meninggal di Udara, Bagaimana Turkish Airlines Mendaratkan Airbus A350 dengan Selamat? New

image_pdfimage_print

Meninggalnya seorang kapten di tengah penerbangan bukan hanya tantangan fisik bagi kru yang tersisa, tetapi juga psikologis. Bagi kopilot, mengambil alih kendali setelah menyaksikan kematian seorang kolega merupakan beban emosional, menambah tekanan pada situasi yang sudah menegangkan.

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

Kemampuan kopilot untuk tetap tenang dan fokus dalam keadaan tertekan merupakan bukti pelatihan intensif yang dijalani pilot. Bagi penumpang, situasi ini dapat dengan mudah menimbulkan kepanikan. Namun, profesionalisme awak pesawat kemungkinan besar berperan penting dalam menjaga ketenangan di dalam pesawat.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Penumpang diberi tahu tentang situasi tersebut dan diyakinkan bahwa penerbangan terkendali. Pendaratan yang aman di JFK membantu mengurangi situasi yang bisa jadi jauh lebih berbahaya.

Berita Lainnya:
Laporan Awal Dana Kampanye Edy Rahmayadi-Hasan Rp1 Juta, Berapa Dana Bobby Nasution-Surya?

Peristiwa Sebelumnya

Meski jarang terjadi, ini bukan pertama kalinya seorang pilot meninggal di tengah penerbangan. Pada 2014, seorang kapten American Airlines meninggal di tengah penerbangan, sehingga kopilot terpaksa mengalihkan pesawat.

Pada 2009, sebuah penerbangan Continental Airlines menghadapi skenario serupa ketika kaptennya meninggal karena sebab alamiah selama penerbangan transatlantik dari Brussels ke Newark. Dalam kedua kasus tersebut, seperti halnya dengan Penerbangan TK204 Turkish Airlines, kopilot berhasil mengambil alih dan mendaratkan pesawat dengan selamat.

Insiden ini, meski jarang terjadi, menyoroti langkah-langkah keselamatan tangguh yang diterapkan guna memastikan bahwa meskipun kapten tidak mampu, penerbangan dapat dilanjutkan dengan aman.

Setelah tragedi ini, Turkish Airlines, bersama dengan badan pengawas penerbangan, mungkin akan meninjau proses pemeriksaan kesehatan bagi pilot. Salah satu kemungkinan adalah dengan memperkenalkan pemeriksaan kesehatan lebih sering bagi pilot lebih tua atau pilot yang terbang pada rute jarak jauh, di mana kelelahan dan stres dapat memperburuk kondisi yang mendasarinya.

Berita Lainnya:
Fasilitas Rumah Jabatan untuk Anggota DPR Bakal Diganti Tunjangan Seharga Rumah di Kawasan Senayan

Maskapai penerbangan juga dapat mempertimbangkan untuk menerapkan sistem pemantauan kesehatan tambahan dalam pesawat untuk mendeteksi tanda-tanda awal gangguan medis pada pilot, yang berpotensi mencegah tragedi di masa mendatang. Area fokus lainnya mungkin adalah peningkatan pelatihan bagi awak kabin dan penumpang tentang cara membantu dalam keadaan darurat medis, terutama dalam kasus yang melibatkan awak dek penerbangan.

1 2

Reaksi & Komentar

وَأَنفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ البقرة [195] Listen
And spend in the way of Allah and do not throw [yourselves] with your [own] hands into destruction [by refraining]. And do good; indeed, Allah loves the doers of good. Al-Baqarah ( The Cow ) [195] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi