KSOP Malahayati Bersama Tim SAR Evakuasi Crew Kapal MV Al Murabba yang Kritis di Perairan Banda Aceh

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Malahayati melalui petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) bersama tim SAR dan KKP melaksanakan kegiatan evakuasi medis (medivac) terhadap seorang crew kapal MV. Al Murabba yang berbendera Liberia pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

ADVERTISEMENTS

Kegiatan ini berlangsung di perairan utara Banda Aceh, sekitar 3,5 nautical mile (NM) dari Pelabuhan Ulee Lheue, menggunakan Kapal KN. KRESNA milik SAR Aceh.

ADVERTISEMENTS

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik fotoKepala KSOP Malahayati, Capt Amfami, SH, M.Mar, menyatakan bahwa kapal MV. Al Murabba sedang dalam perjalanan dari Barcelona, Spanyol menuju Singapura. Evakuasi dilakukan terhadap salah satu awak kapal berkewarganegaraan Ukraina yang dalam kondisi kritis dan membutuhkan penanganan medis segera.

“Proses medivac dimulai pada pukul 00.35 LT, ketika tim tiba di lokasi untuk mengevakuasi korban. Pada pukul 02.30 LT, kapal SAR tiba di Pelabuhan Ulee Lheue dan korban segera dibawa ke RSU Zainal Abidin Banda Aceh untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut,” kata Capt. Amfami.

Setelah evakuasi selesai, kapal MV. Al Murabba melanjutkan perjalanannya menuju pelabuhan tujuan di Singapura. Kondisi cuaca saat evakuasi dilaporkan mendung dengan hujan ringan, angin berkecepatan 15 knot dari arah barat ke timur laut, dan gelombang laut mencapai ketinggian 1 meter.[]

Exit mobile version