Sabtu, 19/10/2024 - 21:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
NASIONAL
NASIONAL

Laporan Khusus: Besok Lengser, Sejumlah Menteri Jokowi Tak Kunjung Angkut Perabotan dari Rumah Dinas New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH  – Suasana sepi menyelimuti komplek rumah dinas menteri di Jalan Widya Chandra, Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (18/10/2024).

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

Rumah-rumah mewah yang merupakan fasilitas negara untuk para menteri tampak berdiri kokoh dan berbaris menyamping di sisi kanan dan kiri jalan.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Adapun di setiap pagar rumah itu menempel sebuah logo bintang berukuran besar dan berwarna emas seluruhnya. Logo itu menjadi penanda bahwa rumah-rumah tersebut dikelola oleh Kementerian Sekretariat Negara RI.

Pantauan Tribunnews di lokasi sekira pukul 13.30 hingga 15.00 WIB, hanya ada para petugas keamanan di setiap rumah dinas. Sedangkan di bagian jalan utama komplek Widya Chandra, ada tiga sampai empat 

petugas kebersihan tengah menyapu sampah dan daun-daun kering.

Diketahui, sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menempati fasilitas rumah dinas, hingga Jumat siang.

Padahal, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumingraka akan digelar tak lama lagi yakni, Minggu 20 Oktober 2024. Dilanjut dengan pelantikan menteri yang dijadwalkan sehari setelahnya.

Meski begitu, beberapa menteri yang menempati rumah dinas masih belum mengangkut barang-barang pribadinya.

Dimulai dari rumah-rumah menteri di Jalan Widya Chandra V. 

Fitrah, seorang petugas keamanan yang berjaga di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Andi Arman Sulaiman, mengatakan Andi masih menempati rumah dinasnya. 

Berita Lainnya:
PDIP Tegaskan Pemecatan Tia Rahmania Bukan karena Kritik Pimpinan KPK

Rumah dinas tersebut masih difungsikan Andi sebagai tempat tinggal hingga saat ini.

Katanya, Menteri Pertanian itu setiap hari tidur di kediaman nomor 28, yang didominasi warna putih dengan nuansa kayu tersebut.

Bergeser ke rumah dinas menteri nomor 27 yang biasanya ditempati Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Menteri yang juga Ketua Umum Projo itu juga disebut masih tinggal di rumah dinasnya.

Budi bersama keluarganya tinggal di rumah mewah bercat putih tersebut. Seorang petugas keamanan di rumah itu.

“(Menkominfo Budi Arie) masih sementara tinggal di sini. Sehari-hari tinggal di sini,” kata seorang petugas keamanan di kediaman Menkominfo, Sisfon, saat ditemui.

Katanya, belum ada informasi mengenai rencana Budi Arie pindah rumah setelah pemerintahan baru dilantik.

Apalagi, pelantikan para menteri kabinet Prabowo-Gibran, baru akan dihelat pada Senin 21 Oktober 2024.

Bergeser ke Jalan Widya Chandra IV, tempat tinggal Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, juga belum sepenuhnya meninggalkan rumah dinas.

Seorang pria petugas keamanan di rumah nomor 19 itu, Tri, mengatakan Budi memang tidak sepenuhnya tinggal di rumah dinas. Sesekali Menhub masih mengunjungi kediamannya tersebut.

Berita Lainnya:
Bomber Siluman B2 AS Serang Markas Houthi Yaman

Meski demikian, dikatakan, Budi telah memindahkan sebagian barang-barang pribadinya dari rumah dinas menteri secara berangsur-angsur. 

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut kapan saja aktivitas pindahan itu dilakukan.

Selanjutnya, bergerak ke depan rumah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas. Tampak empat petugas keamanan sedang berjaga di rumah dinas terebut.

Satu di antara para petugas itu, Jul, menuturkan Azwar tergolong jarang mengunjungi rumah dinasnya.

Ia melanjutkan, Menpan-RB memang lebih sering tinggal di apartemen pribadinya.

Beberapa perabotan milik Azwar masih berada di sana. Katanya, belum ada informasi pemindahan barang-barang tersebut.

“Ya kalau sebulan sekali sih enggak. Cuma kalau lagi sehabis pulang dari kantor ke sini sebentar,” ucap Jul.

Sementara itu, seorang petugas keamanan di rumah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Udin, mengungkapkan Basuki dan istrinya masih tinggal di rumah dinas nomor 20.

Lebih dari dua unit mobil dan satu unit motor gede alias moge warna hitam yang terparkir di bagian garasi rumah dinas Basuki. 

Di seberang rumah dinas Basuki terdapat kediaman Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Hingga kini, rumah nomor 16 itu masih ditinggali Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

1 2

Reaksi & Komentar

وَالَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَاجًا وَصِيَّةً لِّأَزْوَاجِهِم مَّتَاعًا إِلَى الْحَوْلِ غَيْرَ إِخْرَاجٍ ۚ فَإِنْ خَرَجْنَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِي مَا فَعَلْنَ فِي أَنفُسِهِنَّ مِن مَّعْرُوفٍ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ البقرة [240] Listen
And those who are taken in death among you and leave wives behind - for their wives is a bequest: maintenance for one year without turning [them] out. But if they leave [of their own accord], then there is no blame upon you for what they do with themselves in an acceptable way. And Allah is Exalted in Might and Wise. Al-Baqarah ( The Cow ) [240] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi