Minggu, 20/10/2024 - 04:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
NASIONAL
NASIONAL

Laporan Khusus: Besok Lengser, Sejumlah Menteri Jokowi Tak Kunjung Angkut Perabotan dari Rumah Dinas New

Tardi, seorang petugas keamanan yang berjaga mengatakan, pria yang kerap disapa Zulhas itu masih sering mengunjungi rumah dinasnya. 

Zulhas hanya menjadikan rumah dinasnya itu sebagai tempat transit sepulang dari kantor.

Ada kemungkinan Zulhas tidak pindah dari rumah tersebut lantaran ia disebut-sebut bakal lanjut menjabat di kabinet Prabowo-Gibran mendatang.

Di samping kanan rumah Zulkifli Hasan, terdapat kediaman Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, yang masih ditinggalinya hingga saat ini. 

“Info pindahan sih kita belum menerima. Biasanya sudah mendekati, tapi ini belum ada (informasi aktivitas pindahan),” jelas Riyyadh, petugas keamanan di rumah Menkes nomor 15 itu.

Begitu juga dengan rumah dinas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang masih ditinggali di akhir-akhir waktu masa jabatan menteri era Jokowi.

Berbeda kondisi daripada di Widya Chandra, di komplek rumah dinas menteri di Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan, terdapat beberapa rumah dinas menteri yang kosong.

Alasan kosongnya rumah-rumah di sana berbeda-beda. Misalnya, rumah dinas nomor 9 yang diperuntukkan untuk Menkopolhukam Hadi Tjahjanto terpantau tak berpenghuni.

Seorang petugas kebersihan di komplek menteri Jalan Denpasar, Rahman, menyebut Hadi memilih tidak menempati rumah dinas itu diduga dikarenakan durasi masa jabatannya yang hanya sebentar.

Adapun rumah dinas Menkopolhukam tersebut, katanya, sudah dipersiapkan untuk calon menteri dari periode mendatang, yakni Yusril Ihza Mahendra.

“Ini (rumah dinas) Yusril, Menkopolhukam. Cuma belum tau, belum aktif soalnya. Kalau Pak Hadi di rumah pribadi. Mungkin karena sebentar doang kali. Jadi udah disiapin untuk Yusril tinggal. Perabotan udah semua, tinggal menempati,” ungkap Rahman.

Selain itu, rumah dinas Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang seharusnya menjadi fasilitas milik Supratman Andi Agtas juga terlihat kosong.

Petugas penjaga rumah nomor 02 itu, Joni, mengatakan Menkumham memang belum menempati rumah itu sejak dilantik.

Satu dari beberapa unit rumah dinas menteri di Jalan Denpasar yang ditinggali adalah kediaman milik Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia.

Di halaman rumah Bahlil tampak ada lebih dari dua karangan bunga. Hal ini menjadi tanda bahwa rumah tersebut masih difungsikan oleh Bahlil.

Namun demikian, penjaga rumah Bahlil, Rahmat, mengatakan rumah dinas tersebut hanya untuk tempat bersinggah bagi Bahlil saja.

Sebab, Ketua Umum Partai Golkar itu disebut lebih sering pulang ke rumah pribadinya.

Kesepakatan Tak Pindah Rumah

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunnews, ada beberapa menteri Jokowi yang kemungkinan akan menjabat lagi di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran. 

Hal itu ditandai dengan adanya sejumlah sosok Menteri Jokowi yang hadir dalam acara pembekalam calon menteri Prabowo Subianto, di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Dalam hal tersebut, menteri yang berlanjut masuk kabinet dan ditempatkan di kementerian yang berbeda dengan kementeriannya yang sebelumnya, kerap meminta kesepakatan dengan menteri yang lain agar dia tidak pindah rumah dinas.

Terkait hal ini, aktivitas pindahan yang memakan waktu dan membutuhkan tenaga berlebih menjadi alasan agar menteri yang bersangkutan tak harus pindah rumah.

Sebagai contoh, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo disebut pernah mengutarakan ketidakinginannya pindah rumah dinas dan menyelesaikan persoalan itu melalui diskusi dengan menteri yang bersangkutan

1 2

Reaksi & Komentar

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ إِلَّا الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِي وَلِأُتِمَّ نِعْمَتِي عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ البقرة [150] Listen
And from wherever you go out [for prayer], turn your face toward al-Masjid al-Haram. And wherever you [believers] may be, turn your faces toward it in order that the people will not have any argument against you, except for those of them who commit wrong; so fear them not but fear Me. And [it is] so I may complete My favor upon you and that you may be guided. Al-Baqarah ( The Cow ) [150] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi