Jokowi Disiapkan Alphard “AD 1 JKW” untuk Pulang ke Solo, Apa Keistimewaannya?

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH -Hari ini, Minggu, 20 Oktober 2024, Joko Widodo resmi tak lagi menjabat Presiden RI. Pihak Sekretariat Negara pun sudah menyiapkan kendaraan khusus dengan nomor polisi istimewa.

ADVERTISEMENTS

Sebuah Toyota Alphard berwarna hitam telah disiapkan untuk mengantarkan Jokowi pulang ke Solo. Nomor polisi Toyota Alphard lansiran terbaru ini terlihat spesial: AD 1 JKW.

ADVERTISEMENTS

Mobil MPV premium ini disiapkan untuk transportasi Jokowi saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada  hari ini.

“Iya, untuk rencana Pak Presiden,” ucap Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat, 18 Oktober 2024.

“Dan yang kedua adalah mengenai skenario kembali ke Solo itu intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario ya,” lanjut Ari.

Skenario yang disiapkan Setneg adalah melalui jalur udara dan jalur darat. Jika melalui jalan darat, Jokowi akan menggunakan Alphard tersebut menuju Solo. Namun jika melalui jalur udara, mobil tersebut akan mengantarkan sampai bandara. 

Mobil yang disediakan Istana itu tampaknya merupakan model terbaru yang menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) yang diklaim lebih nyaman. 

Kenyamanan ini bisa dilihat dari dimensinya dengan panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Jarak sandaran seluruh baris bangku kini 2.205 mm. Sehingga ruang kaki penumpang lebih luas, jarak sandaran bangku baris depan dan kedua mencapai 1.315 mm.

Untuk penunjang keselamatan, Toyota Alphard dibekali Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Di dalam paket itu terdapat Pre Collision System (PCS) untuk mencegah mobil menabrak dari belakang, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) yang menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol.

Lalu ada fitur Lane Departure Assist (LDA) untuk mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya, Lane Tracing Assist (LTA) yang membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya, Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari. 

Fitur teranyar adalah Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil. 

Terkait harga, Toyota Alphard terbaru ini dibanderol mulai Rp1.407.300.000 hingga Rp1.714.300.000.

Exit mobile version