Makna Tersirat Busana Prabowo-Gibran: Mulai dari Warna, Adat, hingga Aksesori

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH – Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden ke-14 Gibran Rakabuming Raka tampak kompak mengenakan pakaian adat betawi dalam pelantikan Presiden RI Minggu (20/10/2024) pagi.Tak hanya Prabowo dan Gibran, Presiden RI ke-7 Joko Widodo dan Wakil Presiden ke-13, Ma’ruf Amin juga mengenakan kostum serupa.

ADVERTISEMENTS

Bachtiar Jamaluddin, pemilik Sanggar Nusantara Dot Com, menjabarkan busana yang dikenakan Prabowo adalah Jas tutup berpadu dengan kain songket Palembang. Semantara Gibran berbalut jas Demang yang khas Betawi dengan kain Ujung Serong. Pakaian tersebut mirip dengan busana Jokowi.

ADVERTISEMENTS

“Kedua pakaian tersebut adalah busana yang biasa dikenakan para bangsawan dan kini sering digunakan oleh para pejabat negara dalam acara-acara formal,” ujar Bachtiar saat dihubungi Inilah.com, Minggu (20/10/2024).

Bachtiar menambahkan, busana yang dikenakan Prabowo dan Gibran sejatinya mengandung pesan penting, terutama dari segi pemilihan warna.

Diketahui dalam pelantikan tersebut, Prabowo mengenakan jas berwarna biru tua, sementara Gibran berwarna hitam.

“Prabowo yang memakai jas bercorak biru tua menandakan kepemimpinan, hitam kewibawaan. Dua warna itu adalah simbol pria sekaligus kepemimpinan dan kewibawaan bagi seorang pemimpin,” tambah Bachtiar.

Postur tubuh Prabowo yang tinggi besar dianggap Bachtiar sangat cocok dengan busana yang ia kenakan, menonjolkan kesan wibawa dan kepemimpinan yang tegas, sesuai dengan karakter sang Presiden.

Selain dari segi warna, Bachtiar melihat pemilihan busana ini sarat akan pesan perpisahan bagi Jakarta, yang tak lagi menyandang status Ibu Kota.

“Ini kaitannya tetap dengan Ibu Kota Jakarta yang telah berakhir menjadi Ibu Kota di masa akhir masa pensiunnya Jokowi dan Ma’ruf Amin. Pemilihan baju Betawi masih rasa terima kasih kepada Jakarta yang sudah tidak lagi menjadi Ibu Kota,” kata dia.

Selain itu, ada simbol lain yang turut dikenakan oleh keempat tokoh pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024/2029, yaitu aksesori khas seperti benggol dan rantai kuku macan.

Bachtiar menjelaskan, Prabowo mengenakan benggol, rantai jas berbentuk bulat yang menandakan status bangsawan atau orang kaya. Sementara itu, Gibran memakai rantai kuku macan, yang juga dipakai oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. “Kuku macan ini merupakan simbol kegagahan pria Betawi,” lanjutnya.

Exit mobile version