Minggu, 20/10/2024 - 20:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
NASIONAL
NASIONAL

Prabowo Tancap Gas Kerja usai Dilantik jadi Presiden, Terima 9 Petinggi Negara Sahabat di Istana New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH  – Hari pertama menjabat kepala negara, Presiden RI Prabowo Subianto mengawali kegiatan perdana usai pelantikam dengan menjamu tamu kenegaraan yang merupakan pimpinan negara-negara sahabat. 

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

Mereka sebelumnya hadir dalam pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan (Presidential Communication Office/PCO) Hasan Nasbi, menyampaikan ada sekitar sembilan pimpinan negara yang dijamu Prabowo di Istana Kepresidenan Jakarta, sore ini.

“Ini merupakan courtesy penghormatan disambut langsung Presiden Prabowo karena pimpinan ini datang jauh ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan. Ini juga upaya mempererat kerja sama dan potensi dengan negara sahabat tersebut,” kata Hasan kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Hasan menyebutkan sejumlah pimpinan negara yang hari ini berkunjung ke Istana untuk bertemu secara langsung dengan Prabowo. 

“Mulai dari wakil perdana menteri Australia, menteri luar negeri dari UK, wakil perdana menteri Selandia Baru, perdana menteri Korea Selatan, perdana menteri Singapura, perdana menteri Papua Nugini, perdana menteri Vanuatu, wakil presiden Laos, dan wakil presiden Republik Rakyat Tiongkok. Sembilan pimpinan pemerintahan disambut Presiden Prabowo di Isana dalam rangka menghormati kedatangan mereka ke Jakarta,” kata Hasan.

Berita Lainnya:
Sesalkan Sikap Menag yang Kembali Mangkir Panggilan Pansus Haji Hari Ini, Legislator PKB Sebut Ada Konsekuensi Hukum

Selain sebagai agenda ramah tamah, pertemuan Prabowo dengan sejumlah kepala negara itu sekaligus untuk menjalin kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan negara-negara sahabat.

“Sesuai pidato Prabowo tadi di MPR RI, kita akan bersahabat dengan seluruh negara. Kita tidak akan terlibat dengan kerja sama pakta pertahanan tertentu, tapi kita akan tetap berada di garis kebijakan luar negeri kita yang non blok dan kerja sama dengan semua negara,” kata Hasan.

Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Keduanya resmi menjadi menjadi presiden dan wakil presiden setelah dilantik di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024).

Sebelum dilantik, Prabowo dan Gibran membacakan sumpah jabatan di hadapan Pimpinan MPR dan anggota DPR.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” kata Prabowo.

Berita Lainnya:
1.929 Personel Gabungan Amankan Aksi 'Adili 10 Tahun Dosa Kepemimpinan Jokowi' di Istana Merdeka

Setelah Prabowo, giliran Gibran yang mengucapkan sumpah janji jabatan wakil presiden.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Rai dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap Gibran.

Setelah membacakan sumpah jabatan, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara dihadapan para Pimpinan MPR RI.

Pelantikan presiden dan wakil presiden ini dihadiri langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga tampak datang menyaksikan langsung pelantikan Prabowo sebagai Presiden ke-8 RI itu. 

Sementara itu, Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP, yakni Megawati Soekarnoputri, tidak datang lantaran dikabarkan tengah kurang sehat.

Selain itu, sejumlah ketua umum partai Politik (parpol) juga turut menghadiri acara pelantikan tersebut


Reaksi & Komentar

قَوْلٌ مَّعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّن صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى ۗ وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ البقرة [263] Listen
Kind speech and forgiveness are better than charity followed by injury. And Allah is Free of need and Forbearing. Al-Baqarah ( The Cow ) [263] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi