Senin, 21/10/2024 - 22:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
NASIONAL
NASIONAL

Menakar Posisi Gibran di Kursi Wapres Tanpa Beking Partai New

BANDA ACEH – Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Wakil Presiden RI 2024-2029 pada Minggu (20/10). Putra sulung Joko Widodo (Jokowi) itu jadi salah satu wapres yang tak bergabung dengan partai Politik (parpol).Meski demikian, berbeda dengan wapres non partai lain yang pernah ada, Gibran mendapat sorotan lebih karena pencalonannya sebagai wakil presiden juga diwarnai kasus pelanggaran etik hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Kemudian, setelah resmi terpilih sebagai wakil presiden bersama Presiden Prabowo Subianto, muncul kasus ‘Fufufafa’ yang ramai di media sosial. Hubungan Prabowo dan Gibran dikabarkan merenggang meski berulangkali ditepis oleh orang lingkaran Prabowo dan Gibran.

Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai posisi Gibran memang rentan di pemerintahan Prabowo. Selain sentimen negatif kasus Fufufafa, Gibran juga tak punya partai politik kuat yang bisa membentenginya.

Otomatis Gibran masih akan bergantung kepada pengaruh ayahnya, Jokowi. Selama Jokowi masih bisa mempertahankan pengaruh, kata Arifki, Gibran akan cenderung aman.

“Karena kan kalau kita lihat tingkatannya keseganan kelompok-kelompok elite itu masih ke Pak Jokowi, bukan ke Mas Gibran,” kata Arifki saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu.

Arifki berpendapat Jokowi dan Gibran harus mengambil langkah cepat untuk membentengi diri mereka. Jalan yang dapat ditempuh adalah berkuasa di partai yang kuat.

Menurutnya, mereka perlu basis politik yang kuat untuk mencegah serangan dari pihak lain. Arifki menilai Golkar menjadi opsi paling memungkinkan saat ini.

“Tentu partai-partai yang masih kuat ya. Kalau ingin kuat, Golkar adalah satunya,” ujarnya.

“Tapi karena Golkar banyak yang punya saham, tentu ada kader-kader Golkar yang akan berpihak ke Prabowo. Hal itu perlu dipertimbangkan Jokowi,” ucap Arifki.

Terpisah, Pengamat Politik Universitas Andalas Asrinaldi menilai posisi Gibran di kursi wakil presiden akan aman. Menurutnya, tidak akan ada langkah ekstrem seperti pendongkelan.

Meski begitu, dia melihat peran Gibran di pemerintahan tak akan menonjol. Gibran tak akan dilibatkan terlalu banyak dalam pengambilan keputusan, terlebih usai kasus Fufufafa.

“Gibran sendiri dengan kasus yang ada pada dirinya dan Pak Prabowo pasti tahu itu juga bisa jadi posisi untuk bisa mengelak dari tekanan-tekanan Pak Jokowi,” ucap Asrinaldi.

Dia menambahkan, “Saya yakin apa yang terjadi pada Pak Ma’ruf Amin di masa Presiden Jokowi juga akan terjadi pada Gibran. Jadi hanya pada posisi-posisi yang seremonial.”


Reaksi & Komentar

ثُمَّ قَسَتْ قُلُوبُكُم مِّن بَعْدِ ذَٰلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ أَوْ أَشَدُّ قَسْوَةً ۚ وَإِنَّ مِنَ الْحِجَارَةِ لَمَا يَتَفَجَّرُ مِنْهُ الْأَنْهَارُ ۚ وَإِنَّ مِنْهَا لَمَا يَشَّقَّقُ فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَاءُ ۚ وَإِنَّ مِنْهَا لَمَا يَهْبِطُ مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ البقرة [74] Listen
Then your hearts became hardened after that, being like stones or even harder. For indeed, there are stones from which rivers burst forth, and there are some of them that split open and water comes out, and there are some of them that fall down for fear of Allah. And Allah is not unaware of what you do. Al-Baqarah ( The Cow ) [74] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi