Selasa, 22/10/2024 - 18:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
ACEH

Plt Sekda Aceh Pimpin Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Aceh New

image_print

BANDA ACEH – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Aceh, Muhammad Diwarsyah, memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional 2024 yang digelar di Asrama Haji Embarkasi Aceh pada Selasa (22/10). Dengan tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan,” peringatan ke-10 Hari Santri ini dihadiri oleh ratusan santri, tokoh agama, serta perwakilan pejabat pemerintahan di Aceh.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Santri Nasional

Dalam pidatonya, Diwarsyah menyampaikan pesan penting dari Menteri Agama, Nasaruddin Umar tentang peran santri dalam menentukan masa depan bangsa.

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

“Masa depan Indonesia ada di pundak para santri. Saya berharap Hari Santri tahun ini menjadi momentum bagi kita semua, khususnya para santri, untuk memperkuat komitmen dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa,” ujar dia.

Berita Lainnya:
BAST Bersama BNPB Gelar Sharing Session dan Pameran Arsip Kebencanaan
ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Ia juga menyoroti pentingnya kepercayaan diri bagi santri untuk meraih segala cita-cita, mencontohkan tokoh-tokoh besar Indonesia yang berlatar belakang santri.

“Santri bisa menjadi apa saja, seperti Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Banyak pula menteri, pengusaha, dan birokrat yang berlatar belakang santri,” ujar Diwarsyah.

Dalam peringatan ini, Diwarsyah menekankan bahwa santri saat ini memiliki peran krusial dalam melawan kebodohan dan kemunduran dengan ilmu dan inovasi. Ia juga menekankan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren, tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

“Mari kita mengenang dan mendoakan para pahlawan, termasuk banyak santri, yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujar dia.

Berita Lainnya:
Kenalkan Tokoh Islam saat Maulid Nabi, SMAN 7 Banda Aceh Gelar Fashion Show Islami

Sejarah peran santri dalam perjuangan kemerdekaan juga tak lepas dari sorotan. Resolusi Jihad yang diprakarsai oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 menjadi salah satu tonggak penting. Resolusi ini membakar semangat perjuangan rakyat dan santri, yang berujung pada perlawanan besar di Surabaya pada 10 November 1945.

Tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan” mengajak santri masa kini untuk tidak hanya mengenang perjuangan masa lalu, tetapi juga menghadapi tantangan modern dengan penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan.

“Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Teruslah berinovasi dan berkontribusi demi kegemilangan Indonesia,” kata Diwarsyah. []


Reaksi & Komentar

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ البقرة [34] Listen
And [mention] when We said to the angels, "Prostrate before Adam"; so they prostrated, except for Iblees. He refused and was arrogant and became of the disbelievers. Al-Baqarah ( The Cow ) [34] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi