Hasil Kualifikasi Piala Asia U-17 2025: Gol Tunggal Mathew Baker Bawa Timnas Indonesia Taklukkan Kuwait 1-0

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH – Hasil pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 antara Kuwait vs Timnas Indonesia pada Rabu (23/10/24) malam WIB, skuad Garuda Asia berhasil raih kemenangan tipis 1-0.Bertanding di Stadion Abdullah Al Khalifa pada matchday pertama Grup F, sang tuan rumah Kuwait terlihat kesulitan untuk keluar dari tekanan yang dilancarkan Timnas Indonesia sepanjang laga.

ADVERTISEMENTS

Di pertandingan kali ini, Timnas Indonesia yang dilatih Nova Arianto tampil disiplin dengan inisiatif menyerang pada paruh pertama.

ADVERTISEMENTS

Anak-anak asuh pelatih Nova Arianto langsung menekan pertahanan Kuwait sejak awal. 

ADVERTISEMENTS

Hal itu sempat berbuah tendangan bebas pada menit keempat lantaran bek Kuwait Hamad Alsaeed menarik Mochamad Mierza Fijatullah.

ADVERTISEMENTS

Namun, bola sepakan bebas yang diambil Muhamad Gholy belum menemui sasaran.

Satu menit berselang, tekanan yang dilakukan secara konsisten oleh Indonesia menghasilkan tendangan sudut.

Gholy yang menjadi eksekutor mengirimkan bola ke tiang jauh, di mana Mathew Baker menunggu. Gol pun tercipta dan Indonesia memimpin 1-0 atas tuan rumah.

Setelah itu, Kuwait yang tertinggal pelan-pelan merangsek ke depan, mencoba untuk mengurung pertahanan Indonesia.

Akan tetapi, penampilan yang solid dan kompak di lini belakang Indonesia membuat Kuwait sulit membuat peluang.

Pada menit ke-36, misalnya, sepakan penyerang Kuwait Abdulrahman Alsuwaidi ditepis dengan baik oleh kiper Indonesia Dafa Al Gesemi.

Tidak ada lagi kesempatan emas bagi kedua tim setelah itu. Indonesia menuju turun minum dengan keunggulan satu gol.

Selepas jeda, Timnas Indonesia masih memainkan tempo cepat untuk mengurung pertahanan Kuwait dan memperbesar keunggulan.

Namun buruknya penyelesaian akhir membuat Timnas Indonesia kesulitan untuk mencetak gol kedua.

Kuwait yang tak mau kehilangan poin di markas sendiri, berikan perlawanan lebih berat di pertengahan babak kedua.

Memasuki menit ke-85′, kiper Timnas Indonesia, Dafa Al Gasemi melakukan penyelamatan gemilang dengan menangkap tendangan pemain Kuwait.

Di menit 90′, Timnas Indonesia mendapat dua kesempatan emas untuk memperbesar kedudukan namun tembakan para pemain Garuda Asia masih melenceng dari sasaran.

Jelang pertandingan berakhir, kemelut terjadi di depan gawang Timnas Indonesia namun beruntung barisan pertahanan Merah Putih sukses membuang bola dan hanya hasilkan sepakan pojok.

Pada peluang terakhir yang diterima Kuwait tersebut, kiper Dafa Al Gasemi berhasil menghalau bola tendangan pojok tuan rumah dan mengamankan gawang Timnas Indonesia.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 tetap tak bertahan dan membuat Timnas Indonesia berhasil raih poin penuh perdana di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-17 XI: 

Dafa Al Gasemi, I Putu Apriawan (kiper), Mathew Ryan Baker, Daniel Alfrido, Fabio Azkairawan, Evandra Florasta, Nazriel Syahdan, Muhamad Al Gazani, Muhamad Zahaby Gholy, Mochamad Fijatullah, Fadly Alberto Hengga

Timnas Kuwait U-17 XI:

Ahmad Alshawaf, Hamad Alsaeed, Meshal Aldhafeeri, Ayed Alshammari, Laith Alqallaf, Mesfer Aladwani, Abdalrhman Alshuaib (kapten), Abdullah Alaibani, Zainalaabdeen Maarafi, Belal Mubarak, Abdulrahman Alsuwaidi. 

Exit mobile version