Kamis, 24/10/2024 - 03:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Siapa Hashem Safieddine, Calon Pemimpin Hizbullah yang Dibunuh Israel? New

BANDA ACEH –  Hashem Safieddine, yang pembunuhannya dikonfirmasi oleh Hizbullah pada Rabu, 23 Oktober 2024, sempat membantu menjalankan kekuatan militer dan Politik terkuat di Lebanon sebagai pengganti pemimpinnya yang terbunuh, Hassan Nasrallah, hingga ia juga dilacak oleh Israel.Kematiannya menandai pukulan berat terbaru Israel terhadap Hizbullah, sebuah organisasi yang kini tengah menghadapi krisis terbesarnya sejak Garda Revolusi Iran mendirikannya pada 1982 untuk melawan pendudukan Israel.

Seorang kerabat Nasrallah, Safieddine menjalankan gerakan ini bersama wakil sekretaris jenderal Naim Qassem sejak Nasrallah dibunuh oleh Israel dalam sebuah serangan udara di pinggiran selatan Beirut pada 27 September.

Sebuah sumber keamanan Lebanon mengatakan pada 5 Oktober bahwa Safieddine telah kehilangan kontak sejak sehari sebelumnya, setelah serangan Israel di pinggiran selatan Beirut pada 3 Oktober, yang menurut Axios mengutip tiga pejabat Israel yang mengatakan bahwa serangan tersebut ditujukan kepada Safieddine.

Safieddine duduk di Dewan Jihad kelompok tersebut – badan yang bertanggung jawab atas operasi militernya. Dia juga mengepalai dewan eksekutif, mengawasi urusan keuangan dan administrasi untuk kelompok yang didukung Iran ini.

Meskipun tidak begitu dikenal oleh warga Israel seperti Nasrallah, Safieddine dipandang oleh Israel sebagai target utama dalam apa yang dianggapnya sebagai organisasi teroris dan proksi dari musuh bebuyutannya, Iran.

Safieddine mengambil peran penting dalam berbicara untuk Hizbullah selama tahun-tahun permusuhan terakhir dengan Israel, berbicara di pemakaman dan acara-acara lain yang telah lama dihindari oleh Nasrallah karena alasan keamanan.

Dia adalah pejabat Hizbullah pertama yang berbicara di depan umum setelah sekutu Palestina Hamas menyerang Israel selatan pada 7 Oktober 2023, yang memicu perang Gaza yang menarik gerakan Islam Syiah Lebanon ke dalam konflik paralel dengan Israel.

Dengan para pengamat di seluruh Timur Tengah menunggu untuk melihat apa yang akan dilakukan Hizbullah untuk membantu Hamas, Safieddine mengatakan pada sebuah rapat umum di pinggiran selatan Beirut sehari setelah serangan itu bahwa “senjata dan roket kami bersama Anda”.

Ikatan Kuat dengan Iran

Seperti Nasrallah, Safieddine mengenakan sorban hitam yang menunjukkan statusnya sebagai sayyed, atau keturunan Nabi Muhammad. Ia memiliki kemiripan fisik yang kuat dengan Nasrallah.

Dia berasal dari keluarga Syiah Lebanon yang terkemuka, dan lahir di wilayah selatan yang didominasi Syiah di negara itu.

Safieddine belajar di seminari agama di kota Qom, Iran, sebelum kembali ke Lebanon pada 1990-an untuk memikul tanggung jawab kepemimpinan dalam kelompok tersebut.

Dia mempertahankan hubungan yang kuat dengan para pendukung Hizbullah di Iran.

Putranya, Rida, menikah dengan putri mendiang jenderal Iran Qassem Soleimani, kepala Pasukan Quds Garda Revolusi Iran yang dibunuh serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad pada tahun 2020.

Saudaranya, Abdullah, menjabat sebagai perwakilan Hizbullah di Teheran. Sebagai kepala dewan eksekutif, Safieddine memainkan peran yang mirip dengan perdana menteri dalam sebuah pemerintahan, bertanggung jawab atas berbagai lembaga Hizbullah yang terlibat dalam perawatan kesehatan, pendidikan, budaya, dan konstruksi, serta kegiatan lainnya.

Dia memimpin upaya untuk membangun kembali pinggiran selatan Beirut yang dikuasai Hizbullah setelah perang 2006 dengan Israel, ketika sebagian besar wilayah itu diratakan oleh serangan udara Israel.

Dalam pidatonya di 2012, Safieddine mengatakan bahwa rekonstruksi pasca-perang merupakan “kemenangan baru” atas Israel. Phillip Smyth, seorang ahli yang mempelajari milisi Syiah yang didukung Iran, mengatakan bahwa Nasrallah “mulai menyesuaikan posisi untuknya di berbagai dewan yang berbeda di Hizbullah Lebanon. Beberapa di antaranya lebih buram daripada yang lain”.

Departemen Luar Negeri AS menyatakannya sebagai teroris global yang ditunjuk secara khusus pada tahun 2017. Menanggapi tekanan AS terhadap Hizbullah pada tahun yang sama, ia mengatakan “pemerintahan AS yang gila dan terhambat secara mental yang dipimpin oleh Trump ini tidak akan dapat membahayakan perlawanan”.

1 2

Reaksi & Komentar

مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ البقرة [245] Listen
Who is it that would loan Allah a goodly loan so He may multiply it for him many times over? And it is Allah who withholds and grants abundance, and to Him you will be returned. Al-Baqarah ( The Cow ) [245] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi