Jumat, 25/10/2024 - 21:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
NASIONAL
NASIONAL

Balas Dendam Erdogan Dimulai, Turki Bombardir Suriah dan Irak New

BANDA ACEH – Angkatan Udara Turki telah menyerang target-target Kurdi di Irak dan Suriah. Ini merupakan balasan atas serangan terhadap perusahaan pertahanan utama milik negara yang menewaskan lima orang dan melukai lebih dari 20 orang.Melansir Al Jazeera pada Jumat (25/10/2024), Menteri Pertahanan Yasar Guler mengatakan pasukan Turki telah menyerang 29 target di Irak utara dan 18 di Suriah utara sebagai balas dendam atas serangan ke perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan TUSAS, di dekat ibu kota Ankara pada Rabu (23/10/2024).

Perusahaan tersebut merancang dan memproduksi pesawat sipil dan militer, kendaraan udara tak berawak (UAV), serta industri pertahanan dan sistem antariksa lainnya.

Pada Kamis (24/10/2024), Kementerian Pertahanan Nasional mengatakan 47 target “dihancurkan” dalam serangan udara pada Rabu, tanpa memberikan rincian mengenai lokasi yang diserang. Dikatakan bahwa “segala jenis tindakan pencegahan” telah diambil untuk mencegah bahaya bagi warga sipil.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat mengatakan pada Kamis bahwa serangan udara Turki di Suriah utara dan timur menewaskan 12 warga sipil, termasuk dua anak-anak, dan melukai 25 orang.

Dipelopori oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dan termasuk pejuang Arab, SDF telah menjadi mitra utama bagi koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) melawan ISIL (ISIS). Turki menguasai seperempat wilayah Suriah, termasuk ladang minyak dan wilayah tempat sekitar 900 tentara AS ditempatkan.

Turki mengatakan YPG adalah organisasi teroris yang terkait erat dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dituduh melakukan serangan pada Rabu di mana para pejuang meledakkan bahan peledak dan melepaskan tembakan ke TUSAS.

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan “59 militan … dinetralkan, istilah yang biasanya digunakan untuk berarti terbunuh, dalam serangan tersebut.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya menulis di X bahwa penyelidik Turki telah mengidentifikasi salah satu penyerang sebagai “teroris PKK” dengan nama sandi “Rojger” dan seorang wanita bernama Mine Sevjin Alcicek.

Guler juga menuding PKK. “Kami akan mengejar mereka sampai teroris terakhir disingkirkan,” katanya pada Rabu.

Pada upacara peringatan di pameran industri pertahanan di Istanbul pada Kamis, Guler mengatakan “tidak ada anggota organisasi teroris pengkhianat yang akan dapat lolos dari cengkeraman tentara Turki.”

Namun hingga kini tidak ada pernyataan langsung dari PKK dan tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ke TUSAS itu.

Kantor berita negara Anadolu melaporkan keamanan diperketat di markas besar TUSAS pada Kamis, dengan pasukan menggeledah kendaraan dan memeriksa identitas orang-orang. Sementara pemakaman diadakan pada Kamis untuk beberapa korban serangan.

Bandara Sabiha Gokcen, yang terletak di sisi Asia kota, mengeluarkan pernyataan yang memberi tahu penumpang untuk tiba setidaknya tiga jam lebih awal untuk menghindari penundaan karena peningkatan keamanan.

Serangan terhadap TUSAS terjadi sehari setelah Devlet Bahceli – pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) sayap kanan Turki yang bersekutu dengan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Presiden Recep Tayyip Erdogan – mengemukakan kemungkinan bahwa pemimpin PKK yang dipenjara Abdullah Ocalan dapat diberikan pembebasan bersyarat jika ia meninggalkan kekerasan dan membubarkan organisasinya.


Reaksi & Komentar

وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِقَوْمِهِ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تَذْبَحُوا بَقَرَةً ۖ قَالُوا أَتَتَّخِذُنَا هُزُوًا ۖ قَالَ أَعُوذُ بِاللَّهِ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْجَاهِلِينَ البقرة [67] Listen
And [recall] when Moses said to his people, "Indeed, Allah commands you to slaughter a cow." They said, "Do you take us in ridicule?" He said, "I seek refuge in Allah from being among the ignorant." Al-Baqarah ( The Cow ) [67] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi