Sabtu, 26/10/2024 - 06:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
EKONOMIFINANSIAL

Hashim Ungkap Kejagung Siap Kejar 300 Pengusaha Sawit yang Ngemplang Pajak Rp300 T New

BANDA ACEH – Adik Presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mengungkapkan bahwa Kejaksaan Agung siap turun tangan mengejar 300 pengusaha sawit yang diduga mengemplang pajak senilai Rp300 triliun.”Ada kabar baik, sumber dana yang sangat besar. Kemarin saya dengar langsung, Jaksa Agung sudah bersiap bertindak. Ini para pengusaha nakal, dan semoga tidak ada dari Kadin, lebih dari 300 pengusaha,” ujar Hashim usai Diskusi Ekonomi di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2024).

Hashim juga mengakui bahwa beberapa pengusaha yang terlibat sudah setuju untuk mencicil pembayaran kewajiban mereka. Pada tahap pertama, mereka akan menyetorkan sekitar Rp189 hingga Rp190 triliun.

“Sisanya akan dilunasi pada 2025. Dari pengusaha nakal ini, kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Denda dan pembayaran lainnya sudah diatur, jangan sampai terjadi lagi!” tegas Hashim.

Dugaan pengemplangan pajak sebesar Rp300 triliun ini muncul setelah pemerintah menerima laporan dari Satgas Peningkatan Tata Kelola Kelapa Sawit dan BPKP. 

Laporan tersebut menuding sejumlah perusahaan melanggar aturan dengan beroperasi di kawasan hutan.

Untuk menindaklanjuti pelanggaran ini, pemerintah mengacu pada UU Cipta Kerja Pasal 110 A dan 110 B. 

Pasal 110 A menyatakan bahwa perusahaan yang sudah beroperasi di kawasan hutan namun memiliki izin usaha masih bisa melanjutkan operasinya, asalkan melengkapi persyaratan dalam tiga tahun. 

Sementara Pasal 110 B mengatur bahwa perusahaan tanpa izin usaha tetap bisa beroperasi setelah membayar denda administratif.

Dengan optimisme penegakan hukum, langkah Kejaksaan Agung ini diharapkan mampu menutup kerugian negara dan menertibkan industri sawit di Indonesia.


Reaksi & Komentar

وَقَالَ لَهُمْ نَبِيُّهُمْ إِنَّ اللَّهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوتَ مَلِكًا ۚ قَالُوا أَنَّىٰ يَكُونُ لَهُ الْمُلْكُ عَلَيْنَا وَنَحْنُ أَحَقُّ بِالْمُلْكِ مِنْهُ وَلَمْ يُؤْتَ سَعَةً مِّنَ الْمَالِ ۚ قَالَ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهُ بَسْطَةً فِي الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ ۖ وَاللَّهُ يُؤْتِي مُلْكَهُ مَن يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ البقرة [247] Listen
And their prophet said to them, "Indeed, Allah has sent to you Saul as a king." They said, "How can he have kingship over us while we are more worthy of kingship than him and he has not been given any measure of wealth?" He said, "Indeed, Allah has chosen him over you and has increased him abundantly in knowledge and stature. And Allah gives His sovereignty to whom He wills. And Allah is all-Encompassing [in favor] and Knowing." Al-Baqarah ( The Cow ) [247] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi