Minggu, 27/10/2024 - 04:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
INTERNASIONALTIMUR TENGAH

IDF Kerahkan 100 Jet F-35, Parlemen Iran: Serangan Israel Lemah, Besar Omong Doang New

Tasnim mengonfirmasi kalau sistem pertahanan udara di Teheran pusat telah diaktifkan sebagai respons terhadap serangan yang meningkat.

Sementara itu, Organisasi Penerbangan Sipil Iran mengumumkan bahwa penerbangan di semua rute telah dibatalkan “sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

AS Mengaku Tidak Terlibat

AS mengatakan kalau Israel “melakukan serangan terarah terhadap target militer di Iran sebagai latihan membela diri dan sebagai respons terhadap serangan rudal balistik Iran terhadap Israel pada tanggal 1 Oktober.”

Gedung Putih mengonfirmasi bahwa Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris telah diberi pengarahan tentang serangan tersebut.

“AS telah diberitahu sebelumnya dan tidak ada keterlibatan AS,” menurut seorang pejabat pertahanan.

Secara terpisah, kantor berita Suriah Sana mengatakan ledakan juga terdengar di ibu kota Damaskus.

Belum ada informasi lebih lanjut yang diungkapkan.

Televisi pemerintah Israel, KAN, melaporkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant berada di gedung Kementerian Pertahanan selama serangan tersebut.

Serangan Libatkan 100 Jet Tempur F-35

Serangan tersebut setidaknya melibatkan 100 unit jet tempur pasukan Israel (IDF).

Pesawat jet itu harus menempuh jarak lebih dari 2.000 kilometer untuk menyerang Iran pada Sabtu (26/10/2024) dini hari.

Operasi tersebut difokuskan secara ketat pada target militer, menghindari fasilitas nuklir dan minyak untuk mencegah eskalasi konflik yang lebih luas. 

Menurut Israel. serangan berskala besar ini melibatkan lebih dari 100 pesawat, termasuk pesawat tempur siluman F-35 “Adir”, yang mencakup jarak sekitar 2.000 kilometer. 

Menurut laporan asing, serangan difokuskan pada Teheran dan Karaj, dengan IDF menyatakan bahwa setiap gelombang menargetkan lokasi militer secara eksklusif, sehingga mengurangi risiko konflik lebih lanjut.

Operasi dengan skala seperti ini kemungkinan dimulai dengan gelombang awal yang menyerang radar dan sistem pertahanan udara, sehingga membuka jalan bagi serangan berikutnya terhadap pangkalan militer. 

Sebelumnya, serangan terkoordinasi di Suriah menetralkan ancaman serupa, sehingga mencegah Iran membangun kesadaran situasional terhadap rencana Israel.

Dengan menggunakan amunisi berat, serangan jarak jauh seperti ini memerlukan kemampuan pengisian bahan bakar yang signifikan dan Unit Penyelamat 669 dalam keadaan siaga tinggi.

IDF sekarang memantau dengan cermat potensi tanggapan dari Iran, Irak, Yaman, Suriah, dan Lebanon, mempersiapkan spektrum kemungkinan tindakan pembalasan.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Kepala Staf Letnan Jenderal Herzi Halevi tetap ditempatkan di pangkalan Kirya di Tel Aviv. Seorang pejabat senior Israel melaporkan bahwa Kabinet Keamanan mengesahkan serangan itu dalam konferensi telepon tadi malam.

“IDF sepenuhnya siap untuk manuver ofensif dan defensif, memantau Iran dan proksinya dengan cermat,” kata Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari dikutip dari The Jerusalem Post. 

Ia mengonfirmasi tidak ada perubahan dalam pedoman Komando Front Dalam Negeri untuk saat ini. “Kami mendesak kewaspadaan dan kepatuhan berkelanjutan terhadap instruksi Komando Front Dalam Negeri, dengan pembaruan segera menyusul pada setiap perubahan.”

Gedung Putih mendukung tindakan Israel, dengan menyatakan, “Serangan tepat Israel terhadap target militer Iran sejalan dengan haknya untuk membela diri dan menanggapi serangan rudal Iran pada 1 Oktober.” 

Pejabat AS memverifikasi bahwa Israel memberikan pemberitahuan tentang waktu beberapa jam sebelum operasi.

“Presiden Biden diberi pengarahan tentang serangan Israel di Iran dan memantau perkembangannya dengan cermat,” kata seorang pejabat senior AS

1 2

Reaksi & Komentar

وَإِذَا قِيلَ لَهُ اتَّقِ اللَّهَ أَخَذَتْهُ الْعِزَّةُ بِالْإِثْمِ ۚ فَحَسْبُهُ جَهَنَّمُ ۚ وَلَبِئْسَ الْمِهَادُ البقرة [206] Listen
And when it is said to him, "Fear Allah," pride in the sin takes hold of him. Sufficient for him is Hellfire, and how wretched is the resting place. Al-Baqarah ( The Cow ) [206] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi