FOZ Sumut Hadiri Pembinaan Penais Zawa Kemenagsu, Tekankan Sinergi untuk Optimalisasi Zakat

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

MEDAN – Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara menghadiri pembinaan yang diselenggarakan oleh Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf (Penais Zawa) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, dengan fokus penguatan sinergi antara lembaga amil zakat di Sumatera Utara dan Kanwil Kemenag, Senin (28/10/2024).

ADVERTISEMENTS

Ketua FOZ Sumut, Sulaiman, mengapresiasi langkah Kemenagsu yang mengundang pimpinan lembaga zakat dalam pembinaan ini.

ADVERTISEMENTS

“Bimbingan dari Kabid Penais Zawa sangat penting bagi kami. Beliau adalah sosok yang kami pandang sebagai orang tua yang mengarahkan, membimbing, dan mengoreksi kami jika ada kekurangan dalam pengelolaan zakat,” ujar Sulaiman.

ADVERTISEMENTS

Menurutnya, pembinaan yang dilakukan secara berkala akan sangat membantu lembaga zakat dalam menjaga kualitas serta meningkatkan potensi penghimpunan zakat di daerah.

ADVERTISEMENTS

“Kami berharap melalui pembinaan ini, upaya penghimpunan zakat dapat lebih optimal untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di Sumatera Utara,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS

Pembinaan ini dipimpin oleh H. Zulfan Efendi, Kepala Bidang Penais Zawa Kemenag Sumut, yang menegaskan pentingnya kolaborasi antara Kemenag Sumut dan seluruh LAZ untuk mencapai target zakat di provinsi tersebut.

“Kami di bidang Penais Zawa selalu siap mendukung LAZ dalam pengumpulan dan pengelolaan zakat. Dengan sinergi yang kuat, zakat dapat menjadi instrumen yang efektif untuk membantu masyarakat kurang mampu dan kegiatan sosial lainnya,” ujar Zulfan.

Ia juga berharap, agar komunikasi antara Kemenag dan lembaga zakat terus terjalin baik untuk mencapai hasil yang optimal.

Selain itu, Katim Zakat Wakaf, Sari Putra, mengingatkan agar semua lembaga zakat senantiasa mengikuti regulasi yang berlaku, khususnya terkait proses penerbitan SK LAZ yang berlandaskan pada PMA 19 Tahun 2024 tentang Lembaga Amil Zakat.

Acara yang digelar di Aula Kanwil Kemenag Sumut ini dihadiri oleh seluruh perwakilan LAZ se-Sumatera Utara serta tim Zakat Wakaf Kemenag Sumut.

Sulaiman menutup dengan harapan agar pembinaan dari Penais Zawa ini dapat berlanjut, sehingga LAZ di Sumatera Utara semakin mampu mengoptimalkan pengelolaan zakat dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat yang membutuhkan.[]

Exit mobile version