Selasa, 29/10/2024 - 01:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
ACEH

Hari Sumpah Pemuda, 300 Kader YMMA Deklarasi Komitmen Perangi TBC New

MEDAN – Yayasan Mentari Meraki Asa (YMMA) menggelar Fun Walk Semarakkan Hari Sumpah Pemuda “Gerakan Sumatera Utara Akhiri Tuberkulosis” di Lapangan Cadika Medan, Senin (28/10/2024).

Funwalk diikuti 300 kader tuberkulosis (tbc) binaan YMMA dari 10 Kab/kota diantaranya Kota Medan, Deli Serdang, Kota Binjai, Langkat, Karo, Asahan, Simalungun, Kota Pematangsiantar, Labuhanbatu, dan Kota Padangsidimpuan.

Funwalk juga diikuti 20 mahasiswa program MSIB Batch 7 yang biasa disebut dengan TB Rangers. Adapun tema dari kegiatan tersebut yakni “Kader Jaga Kita, Kita Jaga Kader”.

Ketua YMMA Ahmad Hakiki, mengatakan acara Funwalk merupakan momentum silaturahmi dan penguatan organisasi antara yayasan dan kader yang berjuang di tengah masyarakat untuk eliminasi TBC di daerahnya masing-masing. Agenda ini juga rangkaian dari merayakan berdirinya YMMA dan masuk usia 4 tahun.

“Ini merupakan momentum untuk menguatkan langkah dan memantapkan visi ke depan untuk mewujudkan cita-cita bersama. Tugas YMMA sebagai mitra pemerintah punya banyak tantangan. Maka itu, menyatukan prinsip dan menguatkan komitmen kami mantapkan apalagi hari ini momentum Sumpah Pemuda. Saya meminta kita semua untuk memegang teguh prinsip yang sudah dijalani bersama. Mengeliminasi TBC di Sumt bukan pekerjaan mudah, butuh kerja sama yang erat,” ucap Hakiki.

Ia juga mengatakan YMMA terus berperan, bergerak, sepenuh jiwa dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, sehat, dan adil. YMMA juga turut terlibat untuk mendukung program-program pemerintah baik di bidang kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

“Saat ini kita telah ada di 10 kab/kota di Sumatera Utara. Kami melihat banyak potensi yang bisa digali untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Hari ini kita bergerak mengeliminasi TBC, tentu kedepan kita terus bergerak ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

“Seperti yang kita buat hari ini. Kami berjalan berkeliling berjumpa dengan masyarakat untuk menyampaikan informasi terkait bahaya tuberkulosis dan cara penyebarannya serta bagaimana pengobatannya. Para kader antusias dan semangat menyampaikannya,” tambahnya.

Sementara itu SR Manager program TBC Komunitas Sri Maharani Arfiani, mengatakan rutinitas para kader adalah mendampingi pasien tbc agar rutin minum obat. Selain itu, kader punya peran untuk melakukan investigasi kontak ke lingkungan yang berpotensi penyebaran tbcnya lebih rentan.

“Kebanyakan kader kita adalah para ibu-ibu yang aktif di lingkungannya. Mereka punya motivasi tinggi dan dedikasi yang luar biasa. Maka dari itu, acara ini bertujuan untuk mempertemukan lader dari berbagai daerah untuk sama-sama saling berbagi, saling berdiskusi, dan saling menguatkan,” tambah Evi.

Ketua Panitia Kegiatan Fahri yang merupakan mahasiswa Universitas Potensi Utama mengungkapkan inisiasi dari pelaksanaan acara ini adalah para mahasiswa yang sedang magang di YMMA.

“Kami banyak belajar dari YMMA tentang bagaimana bekerja dan berperan aktif di tengah masyarakat. Maka, bersama mahasiswa lainnya kami gelar acara ini di mana acara diisi dengan Funwalk, senam sehat, kampanye informasi TBC, Deklarasi Komitmen Kader,” ucapnya.

Fahri juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan Funwalk seperti Bakrie Center Foundation, Bakrie Sumatera Plantation, STPI-Penabulu TBC Komunitas Indonesia, Kampus Merdeka, PDAM Tirtanadi, Kimia Farma, Batugin, dan Biodef.[]


Reaksi & Komentar

وَإِذْ نَجَّيْنَاكُم مِّنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ يُذَبِّحُونَ أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ ۚ وَفِي ذَٰلِكُم بَلَاءٌ مِّن رَّبِّكُمْ عَظِيمٌ البقرة [49] Listen
And [recall] when We saved your forefathers from the people of Pharaoh, who afflicted you with the worst torment, slaughtering your [newborn] sons and keeping your females alive. And in that was a great trial from your Lord. Al-Baqarah ( The Cow ) [49] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi