Projo Ingin jadi Partai, Pengaruh Jokowi Dipertaruhkan

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH – Langkah relawan Pro Jokowi (Projo) yang berencana bertransformasi menjadi partai Politik diyakini akan membawa keuntungan bagi Presiden ke-7 RI Joko Widodo.Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno, Projo akan terus memperkuat narasi kesuksesan Jokowi pasca pensiun dan menjadikannya sebagai “kartu hidup” kembali.

ADVERTISEMENTS

“Selama ini Projo jualan politiknya kan soal Jokowi,” kata Adi kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Senin 28 Oktober 2024.

ADVERTISEMENTS

Analis Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu melanjutkan, langkah ini juga dipandang sebagai bagian dari upaya Projo untuk lebih berperan aktif dalam politik nasional pasca Jokowi pensiun.

ADVERTISEMENTS

“Jika mereka benar-benar berubah jadi partai, yang akan diuji adalah apakah dalam lima tahun ke depan, pengaruh Jokowi masih kuat untuk mengantarkan Projo ke Senayan,” ujar Adi Prayitno.

ADVERTISEMENTS

Jika Projo lolos parlemen, maka menunjukkan pengaruh Jokowi di panggung politik Indonesia masih kuat, meski tidak lagi menjabat sebagai presiden.

ADVERTISEMENTS

Namun di sisi lain, Projo terlebih dahulu harus menghadapi tantangan yang tidak ringan sebelum resmi menjadi partai politik, termasuk persiapan administrasi dan strategi menghadapi Pemilu mendatang.

Exit mobile version