BANDA ACEH – Dengan penekanan pemerintah yang mendorong UKM beralih ke digital, jelas bahwa penerapan proses otomatis dalam ruang lingkup departemen SDM perusahaan menjadi semakin penting. Terlebih software attendance management seringkali diabaikan oleh bisnis yang hanya berfokus pada pertumbuhan eksternal, yang berakibat fatal pada sistem kepegawaian internal perusahaan.
Sistem internal yang buruk malah jadi menyulitkan HR atapun karyawan, jauh berbanding terbalik dengan sistem digital yang lebih baru. Ketidakfleksibelan sistem berdampak negatif pada peluang bertumbuhnya perusahaan di masa mendatang. Karena sejatinya, pertumbuhan akan terjadi jika para pimpinan perusahaan bisa berpikir dalam jangka panjang.
Oleh karenanya, perusahaan dapat mulai memperbarui software attendance management atau sistem waktu dan kehadiran karyawan secara digital. Tapi, apa saja ya yang perlu dimiliki oleh software attendance management terbaru? Berikut 7 fitur pada umumnya:
1. Clock In dan Clock Out
Mari mulai dengan fitur yang paling jelas dan penting. Jelas, tujuan utama dari perbaruan software attendance management adalah untuk memungkinan karyawan dapat absen kedatangan dan pulang dengan mudah, begitu juga pencatatan jam kerja karyawan. Opsi yang dapat Anda pilih antara lain fingerprint, face biometrik atau lebih mudahnya, penggunaan absensi online di smartphone masing-masing karyawan.
2. Penjadwalan Karyawan yang Fleksibel
Beberapa bisnis menawarkan jadwal fleksibel yang memungkinkan karyawan memulai dan mengakhiri hari kerja pada waktu yang berbeda. Sebagian lainnya lebih suka memiliki hati kerja teratur dengan jadwal kerja yang sama.
Nah, di sistem yang digital, baik jam kerja fleksibel maupun teratur dapat disinkronisasi dengan mudah. Aplikasi time attendace system, memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola banyak jadwal serta daftar nama karyawan. Fungsionalitas yang begitu lengkap dengan pemberitahuan terlambat atau melebihi jam kerja yang seharusnya.
3. Manajamen Ketidakhadiran
Selain memantau kehadiran karyawan, sistem time attendace kompeten akan bantu Anda kelola ketidakhadiran. Bahkan jika ketidakhadiran tidak terdiga seperti sakit, cuti, atau hal laiinya sehingga memudahkan manajer untuk melihat sekilas siapa yang masuk dan siapa yang tidak, dan apa hak setiap orang untuk lembur maupun tunjangan dati kehadiran.
4. Integrasi dengan Sistem Penggajian
Dengan asumsi proses penggajian yang telah otomatis, sistem absensi juga harus dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam sistem penggajian Anda. Dengan maksud, dapat memberi data kehadiran akutrat agar perhitungan gaji dan tunjangan lainnya dapat dihitung dengan cepat. Tentu, Anda perlu memiliki sistem yang menyediakan solusi terintegrasi.
5. Kepatuhan terhadap Undang Undang Ketenagakerjaan
Di Indonesia, Undang Undang dan peraturan ketenagakerjaan telah menetapkan jumlah jam kerja maksimum dalam seminggu. Baik untuk 5 atau 6 hari kerja. Maka dari itu, sistem waktu dan kehadiran harus memantau setiap jam kerja karyawan secara merinci dan realtime, sehingga dapat memberikan pemberitahuan otomatis jika ada pola jam kerja yang tidak memenuhi norma legislatif,
6. Tersedia secara Online
Saat ini, karyawan perusahaan mungkin jauh lebih tersebar. Dengan beberapa karyawan yang bekerja di lapangan, dari rumah atau tempat lain. Versi seluler yang tersedia secara online harus memungkinkan karyawan untuk mengelola kehaidran dari gawai mereka.
7. Pelaporan
Terakhir, software attendance management harus dapat memberikan laporan dan analitik yang disesuaikan menggunakan data sistem. Sistem yang memberi informasi terkini terkait berbagai laporan kehadiran yang selalu diperbarui secara otomatis 24/7. Baik jam kerja, pola shift, dan manajemen kehadiran keseluruhan pun dapat dievalusi dengan mudah.
Manfaat Menggunakan Software Attendance Management
Banyak fitur-fitur yang sangat bermanfaat ada didalam software attendance management. Berikut ini manfaat menggunakan software attendance management, seperti aplikasi Mekari Talenta: