Minggu, 22/09/2024 - 23:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

KM Kelud Tinggalkan Aceh Setelah Sukses Layani Akomodasi Terapung Selama PON XXI New

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_print

BANDA ACEH – Setelah sukses melayani ribuan tamu dan pengunjung selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, kapal KM Kelud milik PT Pelni pamit meninggalkan Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar, pada Minggu (22/9/2024), pukul 17.00 WIB. Kapal tersebut berlayar kembali menuju Belawan, Medan, setelah 18 hari bersandar dan menjadi akomodasi terapung.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW


Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Malahayati, Capt. Amfami, SH, M.Mar, menyampaikan apresiasinya atas keberadaan KM Kelud selama berlangsungnya PON. Menurutnya, kapal ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penginapan, tetapi juga menjadi daya tarik wisata maritim bagi masyarakat Aceh.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

“Alhamdulillah, akomodasi terapung ini sangat bermanfaat. Selama bersandar, tercatat sebanyak 2.239 tamu menginap dan sekitar 23.944 pengunjung mengunjungi KM Kelud,” ujar Capt. Amfami usai melepas keberangkatan Kapal KM Kelud di Pelabuhan Malahayati, Minggu sore.

Berita Lainnya:
Sambut PON, PLN Siapkan 25 SPKLU di Aceh

Capt. Amfami menambahkan, tingkat okupansi KM Kelud mencapai lebih dari 80 persen, jauh melampaui tingkat hunian pada acara serupa di Mandalika atau Bali yang hanya sekitar 30 persen.

“Ini menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat Aceh terhadap fasilitas ini,” ujarnya.

Selama berada di Aceh, KM Kelud juga mendapat dukungan penuh dari aparat keamanan, termasuk Polda Aceh dan TNI AL, yang membantu mengelola tingginya jumlah pengunjung tanpa kendala berarti.

Masyakarat saat menyaksikan keberangkatan KM Kelud di Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar, Minggu (22/9/2024) sore. FOTO/Orinews/Wanda
Capt. Amfami berharap kehadiran KM Kelud dapat membuka peluang rute reguler dari Pelabuhan Malahayati menuju Belawan, Batam, atau bahkan Tanjung Priok.

“Kita berharap KM Kelud ini bisa membuka rute di sini, untuk masyakarat Aceh yang akan melakukan pelayaran ke Belawan atau Batam, tentunya melalui pemerintah daerah, mudah-mudahan bisa mengajukan ke Kementerian Perhubungan untuk membuka rute Malahayati ke Tanjung Priok,” tuturnya.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Aceh Jemput Kedatangan Mendagri di Bandara Kualanamu

Kapten Herman, Nahkoda KM Kelud, turut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh atas keramahtamahan yang mereka tunjukkan.

“Kami sangat senang berada di Aceh. Terima kasih atas sambutan hangat dari masyarakat. Hari ini, kami pamit untuk kembali,” ungkapnya.

Selama pelaksanaan PON XXI, KM Kelud berperan penting dalam mendukung akomodasi para tamu dan atlet. Dengan suksesnya pelayanan akomodasi terapung ini, berbagai pihak berharap KM Kelud dapat kembali beroperasi di Aceh mendatang.

KM Kelud berada di Bumi Serambi Mekkah sejak tanggal 4 – 21 September 2024, dan meninggalkan Pelabuhan Malahayati pada Minggu sore, 22 September 2024, menandai berakhirnya tugas sebagai akomodasi terapung bagi PON XXI Aceh-Sumut 2024, yang berjalan lancar dan sukses.[]


Reaksi & Komentar

وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّلْكَافِرِينَ عَرْضًا الكهف [100] Listen
And We will present Hell that Day to the Disbelievers, on display - Al-Kahf ( The Cave ) [100] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi