Senin, 14/10/2024 - 08:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Anies: Anak Muda Harus Jaga Nilai-nilai Demokrasi yang Mulai Hilang New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan anak muda dalam hal ini mahasiswa memiliki peran penting dalam menegakkan kembali demokrasi di Indonesia, yang dinilainya mengalami penurunan beberapa tahun terakhir. Menurut dia, hal itu ditunjukkan dengan tidak adanya oposisi, menurunnya kebebasan berbicara, dan ‘eksekutifisasi’ Lembaga negara.Hal itu disampaikan Anies saat memberi kuliah umum tentang demokrasi yang bertema “Demokrasi dalam Genggaman Anak Muda Memimpin Perubahan di Era Digital” di Universitas Merdeka (Unmer) Kota Madiun, Jawa Timur, pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Berita Lainnya:
Kondisi Terkini Lolly Usai Dijemput Nikita Mirzani, Kuasa Hukum Jelaskan Hal Ini
ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

“Dalam perjalanannya, saya menilai demokrasi akan menjadi sangat kuat ketika anak muda terlibat dan ikut berpartisipasi. Jadi muda, digital dan demokrasi. Jika ketiganya digabung, maka akan sangat dahsyat,” kata Anies dilansir Antara pada Senin, 14 Oktober 2024.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Kata dia, demokrasi bisa digerakkan di tangan anak muda dan dapat berjalan apabila mereka yang memegang kewenangan dalam proses demokrasi. Karena, lanjut dia, anak muda memiliki sisi menarik, membawa pembaruan, memiliki perspektif baru dan harapan yang tinggi.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan dan Pengucupan Sumpah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)
Berita Lainnya:
Kronologi Meninggalnya Marissa Haque: Sempat Tak Sadar di Rumah Sebelum Dilarikan ke RS

“Ini yang kita rasa, mulai hilang. Karenanya, kita masyarakat Indonesia yang ada di luar kekuasaan mempunyai tanggung jawab moral untuk mengawasinya, termasuk mahasiswa di dalamnya bisa terlibat menegakkan kembali pilarnya,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Menurut Anies, ada banyak cara dan ruang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam pengawasan proses demokrasi di Tanah Air. Mulai dari bersuara di skala yang terbuka, menuntut adanya perubahan tentang kebebasan suara yang masih dikekang, dan mengembalikan amanat reformasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Duka Cita atas Meninggal Dunia Bank Aceh Syariah Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab

Reaksi & Komentar

فَإِذَا قَضَيْتُم مَّنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا ۗ فَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ البقرة [200] Listen
And when you have completed your rites, remember Allah like your [previous] remembrance of your fathers or with [much] greater remembrance. And among the people is he who says, "Our Lord, give us in this world," and he will have in the Hereafter no share. Al-Baqarah ( The Cow ) [200] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi