Rabu, 23/10/2024 - 02:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan 3 Pj Bupati dan Pj Walikota di Provinsi Aceh
ASIAINTERNASIONAL

Terinspirasi Yahya Sinwar, di Jepang Pemimpin Hamas Itu Jadi Samurai New

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Saat-saat terakhir Yahya Sinwar ketika diserang oleh pasukan Israel di Gaza, telah menginspirasi karya seni di seluruh dunia. Salah satu surat kabar Jepang menerbitkan ilustrasi pemimpin Hamas sebagai seorang prajurit Samurai.Rekaman pesawat tanpa awak yang dirilis militer Israel beberapa hari lalu menunjukkan Sinwar yang terluka melawan dengan melemparkan sepotong kayu ke UAV (pesawat tanpa awak) yang melayang di atasnya sebelum dibunuh pasukan Israel pada 16 Oktober di Jalur Gaza selatan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Santri Nasional

Ia mengenakan pakaian militer, berbalut keffiyeh, dan membawa pistol ketika melawan tentara Israel di saat-saat terakhirnya. Ini kontras dengan informasi yang disebarkan Israel bahwa ia tinggal di bawah tanah dan dikelilingi oleh perisai manusia.

ADVERTISEMENTS
Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dari Bank Aceh Syariah

Sinwar diangkat menjadi kepala Hamas setelah pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran Juli dan menjadi musuh nomor 1 Israel setelah perannya dalam mengarahkan serangan kelompok itu pada 7 Oktober di Israel selatan.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Kehidupannya telah diselimuti misteri selama bertahun-tahun. Ia menghabiskan lebih dari dua dekade di penjara Israel, di mana ia belajar bahasa Ibrani dengan lancar, dan memegang jabatan militer tinggi di Hamas.

Situs media sosial dibanjiri ilustrasi dan foto lama Sinwar setelah pembunuhannya. Salah satu gambar mendeskripsikannya sebagai seorang prajurit Samurai Jepang, dengan pedang di tangan dan mengenakan pakaian hijau dan hitam.

Berita Lainnya:
Propaganda Negara Kera Israel Terbongkar, Yahya Sinwar tak Dikelilingi Sandera dan Bersembunyi di Terowongan

“Saat-saat terakhir Sinwar, ketika masih bertempur dengan musuh, duduk di sofa bergaya tahun 1950-an di sebuah rumah yang hancur, kepalanya berdarah, lengan kanan dan salah satu jari kirinya terputus, juga akan menjadi ikon seperti gambar Che Guevara untuk generasi yang akan datang,” tulis seorang pengguna media sosial di X, mengutip The New Arab (TNA).

Gambar lain Sinwar kemudian menjadi viral, merujuk pada foto sebelumnya yang memperlihatkan Sinwar duduk di kursi berlengan di tengah reruntuhan rumah yang dibom Israel. Gambar ini menunjukkan bahwa ia tidak terpengaruh oleh serangan itu, di samping gambar terakhir Sinwar yang serupa saat ia terbunuh.

Judulnya berbunyi: “Bahkan di saat-saat terakhir hidupnya, para pemukim tidak dapat membuat Yahya Sinwar beranjak dari kursinya. Kemuliaan bagi para martir.”

Gambar lain yang dibagikan secara luas menunjukkan kursi berlengan tempat dia terbunuh dengan pistol di atas kursi. Yang lain membagikan ulang foto Sinwar sebagai patung, menggambarkannya sebagai “legenda abadi”.

Beberapa komentator mengatakan dengan melemparkan semua yang ada di tangannya, sebuah tongkat, Sinwar telah mencerminkan kata-kata penyair Gaza yang terbunuh, Refaat Al-Areer: “Saya seorang akademisi, mungkin hal terberat yang saya miliki di rumah adalah penanda EXPO, tetapi jika Israel menyerbu rumah saya untuk membantai kami, saya akan menggunakan penanda itu untuk melemparkannya ke tentara Israel, bahkan jika itu adalah hal terakhir yang dapat saya lakukan.”

Berita Lainnya:
Lukashenko Gertak NATO, Bakal Keluarkan Nuklir Jika Belarus 'Disenggol'

“Meninggalnya Sinwar di garis depan dengan senjata di tangan setelah bertahun-tahun difitnah sebagai seorang pengecut borjuis yang menikmati gaya hidup mewah secara rahasia memang tragis, tetapi mungkin merupakan representasi simbolis yang paling gamblang dari asimetri moral dalam perang yang mengerikan ini,” komentar seseorang.

Menurut berbagai laporan Senin (21/10/2024), Sinwar menolak tawaran yang memungkinkannya melarikan diri dari Gaza dengan imbalan Mesir mengambil alih negosiasi gencatan senjata atas nama Hamas. 

The Wall Street Journal melaporkan bahwa ia ditawari untuk diizinkan melarikan diri ke Mesir, mengutip sumber di AS dan Hamas, tetapi ia menolak.

Media Israel Dikecam Lakukan Propaganda

Sejak pembunuhan Sinwar, media Israel telah menuai kritik luas karena “menyebarkan propaganda” termasuk klaim bahwa istri Sinwar terlihat di sebuah terowongan di Gaza sambil membawa tas tangan mewah Hermes Birkin.

Rekaman yang dibagikan menunjukkan istri Sinwar membawa tas tangan hitam dengan perangkat keras perak, yang tidak mirip dengan tas Hermes seharga US$32.000 (hampir Rp500 juta). Tas mewah ini sangat sulit dibeli karena ketersediaannya yang terbatas dan pelanggan harus mengantri panjang untuk mendapatkan barang tersebut.

1 2

Reaksi & Komentar

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا ۗ وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ البقرة [219] Listen
They ask you about wine and gambling. Say, "In them is great sin and [yet, some] benefit for people. But their sin is greater than their benefit." And they ask you what they should spend. Say, "The excess [beyond needs]." Thus Allah makes clear to you the verses [of revelation] that you might give thought. Al-Baqarah ( The Cow ) [219] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi