Jumat, 15/11/2024 - 14:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Melampaui Kewenangan Konstitusional

Oleh: A FAHRUR ROZI*

PENANGANAN Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) kali ini cukup kompleks. Ada sejumlah diskursus penting yang menuntut progresifitas berkebaharuan dalam sistem kenegaraan kita.

Salah satu hal yang jadi perdebatan panjang hingga kini adalah menyangkut batas-batas atau limitasi kewenangan konstitusional Mahkamah Konstitusi (MK) dalam mengadili dan memutus perkara yang menyangkut proses dan kualitas penyelenggaraan Pemilu.

Terhadap hal itu, ada tiga postulat berfikir yang mendasarinya.

Pertama, adanya kegagalan lembaga kekuasaan kehakiman dan lembaga pemerintahan dalam menangani sengkarut pelanggaran Pemilu. Dalam rentang proses pencalonan, pelaksanaan kampanye Politik, putusan etik, kesemuanya dijumpai sejumlah pelanggaran dan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power).

Dalam konteks itu, MK menjadi muara pengadilan yang dituntut dengan sejumlah atribusi kewenangan mengadili (attributie van rechtsmacht) dari seluruh sengketa Pemilu yang ada, yang menyangkut proses dan hasil.

Kedua, ada beban sejarah yang ditanggung MK tentang rusaknya independensi kekuasaan kehakiman penjaga pilar konstitusi. Putusan 90/PUU-XXI/2023 yang menjadi jalan pintas legitimasi konstitusional pencalonan Gibran Rakabuming Raka, telah menghasilkan fenomena pilu, di mana palu sidang kehakiman patah berkeping-keping di depan kepentingan politik.

Putusan MK dan keberanian ijtihad berhukum dalam putusan PHPU 2024 akan menentukan indikasi relasi kuasa kungkungan politik elektoral dalam internal kehakiman MK.

Ketiga, adanya norma positif yang telah mendelegasikan sejumlah kekuasaan mengadili sengketa Pemilu dalam sejumlah lembaga pemerintahan. UU Nomor 7 Tahun 2017 telah secara letterlijk memberikan kewenangan atributif dan secara ekspresif verbis menyatakan MK hanya berwenang mengadili sengketa hasil Pemilu yang berpacu dengan angka-angka, dan tidak untuk selebihnya.

Dari postulat perdebatan itu, muncul diskursus besar, mungkinkah MK melampaui kewenangan konstitusional yang ada, dan berani melakukan aktifitas judisial ekspansif dari sekadar norma atributif, kewenangan mengadili yang ditentukan dalam norma positif?

Dua Variabel

Dasar postulat itu meniscayakan dua variabel penting dalam diskursus hukum yang menjadi pertimbangan mendasar MK dalam memutus sengeketa Pilpres nantinya, antara penemuan keadilan substantif yang memaksa keberanian ekspansif kewenangan dan kepastian hukum yang tunduk pada keberlakuan norma positif yang ada.

Dalam hal mencapai keadilan substansi, MK akan melakukan judusial ekspansif dalam merumuskan suatu putusan yang progresif. Hal itu meniscayakan penafsiran kontekstual (contextual interpretation) yang mengesampingkan kepastian hukum dalam sistem legal-positivistik.

Mahkamah akan menabrak keberlakuan norma positif, karena kebutuhan terhadap penegakan keadilan substantif. Akan dijumpai aktifitas di mana MK beranjak dari universalitas norma kepada partikularitas fakta.

Persoalan yang muncul kemudian, apakah tindakan itu dapat dibenarkan atau tidak. Jika merujuk pada postulat berhukum, sangat mungkin MK memiliki legal konstitusional. Keberadaan MK sebagai the sole judicial interpreter of the constitution dan keberadaan hukum sebagai the art of the interpretation.

Mahkamah cukup mendalihkan adanya dorongan kondisional mengambil alih kewenangan dalam rangka memastikan pelaksanaan dari pada Pasal 22E UUD NRI 1945 sesuai dan berjalan dalam koridor yang konstitusional, termasuk kegagalan lembaga pemerintahan memastikan hal itu.

Akan tetapi, hal itu menegasikan adanya kepastian hukum karena melampaui kewenangan yang berlaku dalam norma positif undang-undang, in casu UU Nomor 7 Tahun 2017.

Dengan demikian, MK perlu didorong untuk melakukan kebaruan berhukum dengan melampaui batas-batas kewenangan yang ada. Mahkamah tidak boleh tunduk pada ketentuan dalam hukum positif, ketika keadilan substantif tidak tercapai dari sekadar norma tertulis. Bagaimanapun, hukum tidak bebas nilai, kendati dihadapkan dengan doktrin dan anasir di luarnya.

Secara konseptual, terhadap keadilan hukum vis a vis kepastian hukum, Gustav Radbruch sebagai pencetus trilogi tujuan hukum (keadilan, kemanfaatan, kepastian), juga perlu direinterpretasi terhadap ketentuan hierarkis dari ketiga nilai tersebut.

1 2

Reaksi & Komentar

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّبِعُوا مَا أَنزَلَ اللَّهُ قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا ۗ أَوَلَوْ كَانَ آبَاؤُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ شَيْئًا وَلَا يَهْتَدُونَ البقرة [170] Listen
And when it is said to them, "Follow what Allah has revealed," they say, "Rather, we will follow that which we found our fathers doing." Even though their fathers understood nothing, nor were they guided? Al-Baqarah ( The Cow ) [170] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi