Pentingnya Lokalisasi Dalam Industri Gaming

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ilustrasi Industri Gaming. FOTO/Net

SEBELUM melangkah lebih jauh memaparkan sejumlah alasan akan pentingnya lokalisasi dalam industri gaming, kami akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu apa itu lokalisasi game.

Lokalisasi video game adalah adaptasi dari game-game video yang orisinil (umumnya berbahasa Inggris) yang dipasarkan untuk masyarakat internasional. Proses lokalisasi ini mencakup penerjemahan, internasionalisasi, kulturalisasi dan lain sebagainya. Ini merupakan alat yang baik untuk mengglobalkan produk-produk game Anda jika Anda ingin produk Anda dapat dinikmati oleh lebih banyak pemain dari seluruh negara dan pastinya berujung ke pencapaian profit yang lebih besar. 

ADVERTISEMENTS

Sebagai contoh, sebuah game video yang berdasarkan sejarah Eropa kuno mungkin tidak akan terlalu menarik untuk ditawarkan kepada pemain di kawasan Asia, sebab mereka dapat saja kurang memahami sejarah masa lampau yang terjadi di benua Eropa. 

ADVERTISEMENTS

Lokalisasi game ini cukup berbeda dengan proyek-proyek lokalisasi yang lebih umum seperti promosi-promosi pemasaran. Pasalnya, setiap elemen game harus diterjemahkan dan diadaptasi untuk menyesuaikan target pasar, termasuk  game-game sederhana yang sudah sangat familiar di kalangan para gamer di seluruh dunia seperti Solitaire dan Freecell

ADVERTISEMENTS

Lalu apa untungnya lokalisasi game itu?

ADVERTISEMENTS

Apakah Anda tahu bahwa game-game yang diluncurkan di Inggris hanya meraih 27% pasar gaming di seluruh dunia? Karena pasar Asia Pasifik sangat mendominasi pasar game, maka Anda harus mencari cara agar game Anda dapat menembus kawasan tersebut. 

ADVERTISEMENTS

Salah satu cara paling efektifnya adalah dengan melakukan lokalisasi untuk pasar-pasar besar yang potensial seperti Tiongkok, Jepang, Indonesia, India dan banyak lagi. Kami yakin dengan cara ini, aka nada peningkatan penjualan untuk produk game Anda. 

ADVERTISEMENTS

Tanpa perlu diragukan lagi bahwa Anda memerlukan lebih banyak jumlah download jika Anda ingin menaikkan penjualan game Anda. Untuk meraih tujuan itu, Anda perlu meluaskan target pasar Anda yaitu dengan cara lokalisasi.

Bayangkan saja, hampir setiap game yang menjadi 100 download teratas di Google Play dan Apple Store di Tiongkok adalah berbahasa Tiongkok. Bahkan di kawasan Eropa dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris yang cukup baik, para gamer ternyata lebih suka memainkan game dengan bahasa asli mereka. 

Salah satu cara termudah untuk memperbaiki pengalaman pengguna adalah dengan membuat mereka tenggelam pada cerita yang dihadirkan pada game-game tersebut. Tentu saja, mereka ingin mengetahui segala aspek yang dipersembahkan oleh para pengembang di game-game tersebut.

Dan lokalisasi ini adalah cara paling efektif untuk membuat para gamer memperoleh pengalaman game yang otentik. Sebab, semakin banyak bahasa dunia yang Anda masukkan ke game-game Anda, maka semakin senang para gamer itu karena mereka dapat memainkan game-game Anda berdasarkan atas konteks budaya dan bahasa asli mereka. 

Selain itu, lokalisasi juga ternyata dapat mengurangi risiko akan ketidakfahaman para gamer terhadap konteks yang terjadi di game tersebut. Intinya, Anda perlu mengadaptasi game-game Anda untuk mencakup pengaruh-pengaruh lokal seperti music, format tanggal, makanan, hari libur, warna, yang berdasarkan lingkungan-lingkungan regional, sosial, dan budaya mereka. 

Strategi dan reaksi merupakan dua alasan utama mengapa lokalisasi game perlu dilakukan. Kita sudah membahas pendekatan strategis yang mencakup pemilihan negara dan bahasa tertentu yang dapat Anda fokuskan. Dan pendekatan kedua untuk lokalisasi ini adalah reaktif.

Ini artinya Ana perlu tampil menonjol di antara lebih dari 2 juta aplikasi game yang tersedia di sejumlah App stores. Untuk tampil menonjol di antara mereka, Anda bisa melakukan lokalisasi pada game-game Anda.

Exit mobile version