Jumat, 15/11/2024 - 21:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Peserta JKN Kini Dapat Menilai Mutu Layanan Rumah Sakit

image_pdfimage_print

MEULABOH – Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah menerima pelayanan dari Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) kini memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian langsung terhadap pelayanan yang mereka terima.

ADVERTISEMENTS
Kartu ATM di Rumah, Action Mobile di Tangan

Penilaian ini dilakukan melalui Kesan Pesan Peserta Setelah Layanan (KESSAN). Peserta JKN dapat mengisi KESSAN melalui Aplikasi Mobile JKN atau Aplikasi Kessan pada Situs Aplicare yang dapat discan melalui QR Code yang diberikan oleh FKRTL.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Mengucapkan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2024

BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh mengucapkan terima kasih kepada seluruh manajemen Rumah Sakit yang telah mendukung dalam upaya meningkatkan mutu layanan bagi peserta JKN.

ADVERTISEMENTS
Memperingati 96 Tahun Sumpah Pemuda dari Bank Aceh Syariah

Hal tersebut disampaikan oleh Meri Lestari, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Meulaboh dalam acara Sosialisasi Addendum Perjanjian Kerja Sama FKRTL 2023 dan Sosialisasi KESSAN. Yang dilakukan secara tatap muka untuk FKRTL di Meulaboh dan secara online untuk manajemen rumah sakit di wilayah Kantor Cabang Meulaboh, Jumat  tanggal 4 Agustus lalu.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan Ketua DPRA, Wakil Ketua I DPRA dan Wakil Ketua II DPRA

“Kami sangat mendukung mekanisme penilaian KESSAN ini. Di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien misalnya, kami telah menyediakan akses internet wifi bagi pasien JKN, baik untuk penggunaan Aplikasi Mobile JKN maupun Aplikasi KESSAN nantinya,” ungkap dr. Ilum Anam Sp.PD.KGEH, Direktur Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Berita Lainnya:
Hari Sumpah Pemuda, 300 Kader YMMA Deklarasi Komitmen Perangi TBC
ADVERTISEMENTS
Pertemuan Tahunan Perbankan Syariah 2024

Meri Lestari, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Meulaboh, menjelaskan bahwa KESSAN adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas layanan di FKTRL. Pengisian KESSAN dilakukan melalui survei dengan tujuan mendapatkan umpan balik dari peserta JKN setelah mereka menerima pelayanan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Santri Nasional

“Hasil dari KESSAN akan menampilkan rating untuk setiap Fasilitas Kesehatan, dengan peringkat bintang dari 1 hingga 5 untuk setiap FKTRL yang berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan,” kata Meri.

KESSAN memiliki enam pertanyaan yang dapat dijawab oleh peserta berdasarkan pengalaman mereka. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup aspek kenyamanan ruang rawat inap, kualitas pelayanan dari petugas administrasi, dokter, perawat, dan farmasi.

Keterampilan dokter dalam menjelaskan kondisi kesehatan, responsivitas petugas dalam memberikan pelayanan (obat/tindakan) tanpa biaya tambahan, dan perlakuan yang sama terhadap pasien JKN dan pasien umum oleh petugas.

“Enam pertanyaan ini mencakup lima dimensi kualitas yang penting, yaitu kehandalan, responsivitas, jaminan, empati, dan kebermaknaan,” kata Meri.

Hasil dari pengisian KESSAN oleh peserta JKN menghasilkan nilai akumulatif secara real-time yang dapat diakses oleh publik melalui situs Aplicare. Laporan ini dapat digunakan oleh FKRTL untuk memperbaiki layanan dan meningkatkan mutu layanan secara bersama-sama.

Berita Lainnya:
Warga Banda Aceh Terjangkit DBD, DPRK Minta Dinkes Segera Cegah Penyebaran

“Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue merasa bersyukur karena BPJS Kesehatan terus memberikan motivasi dan strategi untuk memberikan layanan yang baik kepada peserta JKN. Hasil dari pengisian KESSAN ini dapat diakses oleh publik melalui web Aplicare, sehingga kami berharap dapat lebih meningkatkan mutu layanan di masing-masing FKRTL,” ungkap drg. Farhan, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue.

Pengisian penilaian KESSAN terhadap layanan di Fasilitas Kesehatan ini awalnya telah diimplementasikan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Setelah mengalami tahap implementasi manual, proses ini berkembang menjadi digital melalui Aplikasi Mobile JKN dan Aplikasi KESSAN di FKRTL.

“Proses pengisian KESSAN ini mirip dengan yang telah diimplementasikan di FKTP. Peserta yang telah menerima layanan dapat mengisi penilaian melalui pemindaian QR Code yang mengarahkan ke halaman web Portal QR Code, kemudian pilih KESSAN. Jika memiliki Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mengisi kesan dan pesan langsung di Aplikasi Mobile JKN,” tutup Meri.[]

Editor : Biro Meulaboh.


Reaksi & Komentar

أَفَتَطْمَعُونَ أَن يُؤْمِنُوا لَكُمْ وَقَدْ كَانَ فَرِيقٌ مِّنْهُمْ يَسْمَعُونَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ يُحَرِّفُونَهُ مِن بَعْدِ مَا عَقَلُوهُ وَهُمْ يَعْلَمُونَ البقرة [75] Listen
Do you covet [the hope, O believers], that they would believe for you while a party of them used to hear the words of Allah and then distort the Torah after they had understood it while they were knowing? Al-Baqarah ( The Cow ) [75] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi